Kasus Covid-19 Di Flotim Terus Menurun, Akankah Ada Dispensasi ?

Bupati Flores Timur, Anonius Hubertus Gege Hadjon, ST. Foto : BNN/ Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com- Lonjakan kasus Covid-19 yang sempat menggila di awal dan pertengahan bulan Juli 2021 lalu, kini berangsur mengalami penurunan.

Pada Senin, 9 Agustus 2021, Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Flores Timur merilis, penurunan kasus Covid-19 di wilayah tersebut kian mendekati bilangan 200 dari sebelumnya yang menembus angka 1700 di awal dan pertengahan Juli 2021.

Ada 251 jumlah kasus positif Covid-19  di hari itu. Dan di posisi Rabu, 11 Agustus 2021, terilis ada 221 kasus Covid. Akankah ada dispensasi dengan penurunan kasus Covid-19 itu ?

Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon yang dikonfirmasi  terkait penurunan kasus Covid-19 tersebut  pun telah memiliki konsep untuk  menurunkan level PPKM dari level III ke level II sembari ‘memperlunak’ beberapa aktivitas yang masuk dalam ruang pembatasan selama ini.

“Seiring dengan penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Flotim ini, kita pun telah menurunkan level PPKM dari IV ke III. Dan PPKM level III ini telah kita laksanakan pada beberapa minggu lalu. Mencermati kenyataan kian menurunnya kasus Covid-19 di wilayah ini, berpeluang bagi kita untuk memberlakukan PPKM level II. Olehnya beberapa aktivitas yang dibatasi pada PPKM level III,akan kita cabut dan laksanakan pada saatnya nanti. Misalnya di urusan pendidikan ! Saat ini, para guru dan orangtua selalu menanyakan kapan bisa dilaksanakan aktivitas pembelajaran tatap muka ? Ya, akan kita pertimbangkan itu pada tingkatan tertentu dengan pola tertentu pula, dengan tetap menerapkan disiplin prokes. Pertimbangan senada pun akan kita lakukan  bagi aktivitas pada urusan atau bidang lainnya.Tentu, tidak serta merta ke arah normalnya ! ” ungkap Bupati Anton Hadjon.

Dirinya berharap agar seluruh masyarakat Flotim dengan sungguh-sungguh mendukung pelaksanaan PPKM Level III ini agar kerja pengendalian dan pencegahan terhadap penyebaran virus corona ini dapat berjalan maksimal.

Kepada para Tenaga Kesehatan, Bupati Anton Hadjon pun meminta mereka untuk senantiasa melaksakan  gerilya 3T (Tracing,Testing,dan Treatment) serta senantiasa melakukan kunjungan rumah (pemantauan) kepada warga isoman.

“Kita berharap agar setiap hari angka kasus Covid-19 di Flotim terus mengalami penurunan, dan marilah kita sama-sama bergandengan tangan, bekerja sama dan sama-sama bekerja serta saling mendukung, agar  kondisi ini segera berlalu, sehingga beberapa aktivitas yang belum diperbolehkan di level III ini, bisa laksanakan pada level II nantinya.”pinta Bupati Anton Hadjon.

Sementara itu, terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Flotim, suami Lusia Gege Hadjon tersebut mengakui belum mencapai target. Masih jauh dari target !

Memaksimalkan capaian target tersebut,Pemkab Flotim sebagaimana yang diutarakan Bupati Anton Hadjon,bersama Gubernur NTT dalam pertemuan virtual mereka belum lama ini,telah mematok capaian target maksimal vaksinasi Covid-19 di Flotim itu, akan terpenuhi di bulan Desember 2021 mendatang.

“Bicara soal capaian maksimal,hingga hari ini,memang  masih jauh dari target.Beberapa waktu lalu,kami dalam rapat bersama Pak Gubernur NTT telah menyepakati bahwa target capaian vaksinasi Covid-19 secara maksimal untuk Flotim pada bulan Desember 2021 mendatang. Kita sudah sepekati itu ! Dan kita terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat untuk menambahkan kuota vaksin dan melancarkan pendistribusiannya ke Flotim.”ujar Bupati Anton Hadjon yang adalah juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Flores Timur itu.

Dirinya pun mengapresiasi kepada pimpinan intansi vertikal di Flotim yang telah bergotong royong menyelenggarakan  vaksinaasi Covid-19 di wilayah ini. Tak lupa pula, Bupati Flotim tersebut mengajak komponen lainnya, termasuk barisan Parpol untuk turut serta menyelenggarakan kegiatan vaksinasi bagi warga Flotim.

“Pemerintah punya vaksin dan Tenaga Kesehatan.Kepada Lembaga atau instansi vertikal lainnya, dan Parpol yang mau terlibat, ayo, marilah bersama-sama-kita selenggarakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat kita di Flotim ini. Soal kapan dan di mana, silahkan di atur. Dan terima kasih kepada  Pimpinan Lembaga,Intansi  vertikal yang telah membantu Pemkab Flotim, menyelenggarakan kegiatan vaksinasi  bagi warga Flotim.”ungkap Bupati Anton Hadjon.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment