Edukasi Peserta Didik SMKN 2 Denpasar, Upaya BI Bali Tingkatkan Literasi Ekonomi

Sistem Daring mengajar BI.

DENPASAR/BaliNewsNetwork.com-

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali menggelar Program BI Mengajar, Kamis (5/8) lalu di SMK Negeri 2 Denpasar. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut dihadiri oleh 20 orang siswa secara luring dan 502 siswa secara daring.

Program Bank Indonesia Mengajar ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Bank Indonesia dalam peningkatan literasi ekonomi dan kebanksentralan melalu kegiatan pengajaran. Program ini juga menjadi sarana komunikasi kebijakan yang dikemas dalam materi edukatif dan menarik sehingga mudah dipahami oleh peserta.

Kepala KPwBI Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa Program Bank Indonesia Mengajar ini dilaksanakan secara serentak oleh Kantor Pusat Bank Indonesia dan seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dari tanggal 1-15 Agustus 2021 sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT BI ke-68 dan HUT RI ke-76. Adapun tema kegiatan adalah “Memperkuat Inovasi, Sinergi, dan Kepedulian Sosial sebagai Kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional,” ungkapnya Minggu (8/8).

Lebih lanjut Trisno menjelaskan bahwa materi yang disampaikan terdiri dari pengenalan Bank Indonesia sebagai bank sentral, bauran kebijakan Bank Indonesia, digitalisasi sistem pembayaran berbasis QRIS serta Cinta, Bangga, Paham Rupiah. Materi juga dilengkapi dengan video komunikasi sebagai visualisasi untuk meningkatkan pemahaman tugas dan peran Bank Indonesia.

“Saya berharap Program Bank Indonesia Mengajar dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta terkait peran dan kebijakan Bank Indonesia yang sangat penting di dalam perekonomian bangsa, termasuk peran yang makin meningkat di era digital dan untuk kontribusi bagi Indonesia Maju,” harapnya.

Untuk diketahui, SMKN 2 Denpasar merupakan sekolah menengah kejuruan yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sehingga bisa diserap di dunia usaha/industri. “Untuk mencapai tujuan tersebut, peserta didik dibekali pengetahuan digitalisasi ekonomi dan keuangan sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung pada Program Bank Indonesia Mengajar ini,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, KPwBI Provinsi Bali juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang pendidikan khususnya untuk mendukung kegiatan praktik siswa. Bantuan secara simbolis diterima oleh Kepala SMK Negeri 2 Denpasar, Drs. I Dewa Bagus Ketut Wartawan.

Dewa mengapresiasi pelaksanaan Program Bank Indonesia Mengajar ini. Menurutnya, program ini bermanfaat bagi anak didiknya untuk mengenal lebih dekat mengenai bank sentral.

“Dengan adanya Program Bank Indonesia Mengajar ini, anak-anak jadi paham mengenai tugas dan peran Bank Indonesia, bagaimana upaya yang dilakukan oleh KPwBI Provinsi Bali dalam pemulihan ekonomi Bali, termasuk mengenai Cinta, Bangga, Paham Rupiah,” ujarnya. bq

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment