Unwar Tingkatkan Kompetensi Dosen Lewat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Unwar bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Bali menggelar UKBI guna meningkatkan kompetensi dosen.

DENPASAR/BaliNewsNetwork.com-

Dalam rangka implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), Universitas Warmadewa (Unwar) melalui Institutional Support System (ISS) menyelenggarakan Peningkatan Kompetensi Untuk Penyuntingan Dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) secara virtual.

Acara yang terselenggara atas kerja sama antara Unwar dengan Balai Bahasa Provinsi Bali dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Warmadewa yang diwakili oleh Wakil Rektor III Universitas Warmadewa Jumat (23/7).

Turut hadir pula memberikan sambutan Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali Toha Machsum, S.Ag., M.Ag. Dan sebagai narasumber dalam acara tersebut yakni Puji Retno Hardiningtyas dengan materi Sosialisasi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), Made Sudiana dengan materi Penyuntingan Bahasa pada Naskah Akademik dan Wahyu Aji Wibowo dengan materi Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif.

Acara diikuti oleh Ka.LPKP beserta sekretaris & staf, Ka.BAMAKERMAS Sekaligus sebagai MC, Kaprodi dilingkungan Unwar, dosen dilingkungan Unwar serta perwakilan dari Balai Bahasa Provinsi Bali.

Rektor Unwar yang diwakili Wakil Rektor III Universitas Warmadewa Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT., IPU ASEAN eng. dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan UKBI ini diselenggarakan selama 2 hari dengan fokus pertama yakni sosialisasi dan pelatihan dan kedua Uji Kemahiran UKBI.

Menurutnya kegiatan tersebut adalah bentuk implementasi dari program merdeka belajar kampus merdeka Universitas Warmadewa melalui Institutional support sistem (ISS) “ini merupakan implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah kita terima dari kemendikbud.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen khususnya di bidang penulisan bahasa indonesia seperti, gaya bahasa, diksi, serta yang lainya” ungkapnya. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa setelah para dosen dinyatakan lulus uji kemahiran diharapkan dapat meberikan dampak baik bagi lembaga terutama dalam keberlangsungan tri dharma perguruan tinggi di Universitas Warmadewa.

“Saya berharap dosen setelah ini dapat mengimplementasikan ilmu dalam menunjang tridharma perguruan tinggi dan juga dapat membimbing dengan baik para mahasiswa dalam rangka penulisan tugas akhir seperti skripsi, tesis maupun disertasi” papar Parwata.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali Toha Machsum, S.Ag., M.Ag. memberikan apresiasi yang tinggi terhadap universitas warmadewa. sebab dalam kondisi pandemi saat ini universitas warmadewa Secara konsisten terus bergerak dalam melaksanakan proses kegiatan pendidikan.

Menurutnya hal tersebut dalam rangka menghidupkan suasana atau iklim kehidupan kampus walaupun saat ini harus dilakukan secara virtual. Lebih lanjut dikatakan UKBI memiliki sistem seperti TOEFL pada umumnya sehingga kualitas yang dihasilkan nantinya berkompeten. “Kegiatan ini terselenggara atas Kerjasama antara unwar dengan balai bahasa provinsi bali dan itu sudah berlangsung sejak lama kami harapkan kedepan implementasi atas kerjasama harus terus ditingkatkan,” pungkasnya. bq

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment