Petani Di Desa Nawokote-Flotim Temukan Uang Di Buah Semangka

Thomas Lake Boruk bersama seorang pembeli yang langsung mendatangi lokasi Tanaman Semangkanya,Selasa (13/7) .Foto : BNN/ Emnir.

Wulanggitang/BaliNewsNetwork.com- Situasi pandemi Covid-19,tidak melunturkan semangat Thomas Lake Boruk (38), seorang petani di Desa Nawokote, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur-NTT untuk terus  mencari uang yang terpendam di lumpur sawah mereka.

Di atas hamparan sawah seluas 1 hektar dari total 1,5 hektar miliknya, Thomas Boruk bersama istrinya Elisabeth Dharince (28) , menaburkan kemandirian inovasi mereka . Alhasil, mereka pun menemukan apa yang diimpikan selama ini. Ada uang di sawah !

Ada uang di sawah, demikianlah ayah dan ibu dari Andreas Muring Boruk (7) itu lalu menghiasi sawah mereka dengan  tanaman Semangka, Peria (Pare) dan  Tomat usai memanen padi. Berkatl, ketekunan yang dirintis mereka sejak 24 April 2021 silam, kini membuahkan hasil gemilang.

Sawah Thomas kini bergelimpangan buah Semangka. Hamparan persawahan di Kumaebang tersebut, kini ramai dikunjungi pembeli. Bahkan Semangka dari Desa Nawokote itu pun kini menghiasi pasaran buah di Kabupaten Sikka, selain di pasaran lokal di Flotim.

“Saya merasakan sungguh perubahan pesat ini. Menggeluti Semangka, ternyata lebih menguntungkan, berbeda sewaktu saya pelihara babi dan jual buah advocad. Apalagi ditambah dengan jenis tanaman sayur lainnya. Dan sungguh saya menemukan uang itu di sawah ini. Ada uang dibalik jalarnya atau rambatan tanaman Semangka ini. Ada uang di buah Semangka ini ! ” ungkap Thomas Lake Boruk, ketika dikonfirmasi BaliNewsNetwork.com, Selasa (13/7) sambil melayani pembeli buah Semangka di sawahnya.

Untuk harga jualnya, pasangan suami istri itu memator harga Rp 50.000 /buah ukuran besar, dan Rp35.000 untuk ukuran sedang.

Berdua mereka masih merindukan pengembangan luasan tanaman Semangka itu.Pupuk dan penambahan modal, masih menjadi kendala yang meliliti kemandirian  dalam usaha memanen uang di sawah itu.*(Emnir).

Editor :Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment