Tercekik Pandemi Covid-19, UPTD Penda Flotim Giatkan Tagihan By Phone

Kepala UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Flores Timur, Rosalina Kalumata,SE . Foto : BNN /Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Walau tidak melunturkan semangat kerja barisan UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Flores Timur, namun tindisan pandemi Covid-19 pasca bencana banjir bandang dan longsor menerjang  Kabupaten tersebut, sungguh ‘mengambrukkan’ capaian target penerimaan yang telah terpatok 29 Milyar di Tahun 2021.

Kepala UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Flores Timur, Rosalina Kalumata,SE yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (7/7) mengakui pada Tahun 2021, target pendapatan (penerimaan) dari unit kerjanya mengalami kenaikan  sebesar 29 Milyar dari 17 Milyar di Tahun 2020.

“Semuanya telah terpatok, dan karena telah terpatok itu, kami berusaha untuk memenuhi target itu. Hanya saja, kita pun tidak bisa memungkiri kenyataan yang sedang terjadi di Flotim ini. Bencana di Adonara kemarin, sungguh berdampak pada tidak tercapainya target penerimaan itu. Dari target 17 M di tahun lalu, kami hanya mencapai 80 persen. Di Tahun ini, target penerimaan dari semua pos pada unit kerja kami dinaikkan menjadi 29 M. Lagi-lagi, kondisi peningkatan kasus Covid-19 di pertengahan  Juni kemarin, mengambrukkan target tersebut. Bila disituasi normal kita bisa bukukan 1 M di setiap bulannya, namun dengan terpaan pandemi Covid-19 yang meningkat, di bulan Juni kemarin kita menutupnya dengan capaian 18 persen.” kisah Rosalina Kalumata sembari mengharapkan adanya kebijakan peninjauan kembali terhadap target pendapatan tersebut.

Walau menghadapi situasi sulit tersebut, pihaknya pun tak kehabisan akal. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di wilayah Flotim, tidak menghilangkan semangat mereka untuk melakukan penagihan dari  wajib pajak .

Menghentikan pelayanan door to door sebagaimana kebiasaan mereka di kala situasi normal, aktivitas jemput bola, kini dirubah mereka dengan pola by phone.

“Sudah dua minggu berjalan, penagihan kami lakukan by phone. Kami menelpon semua wapa , kendaraan bermotor, mengingatkan mereka akan kewajiban itu, dan meminta mereka untuk membayar sebagaimana jadwal atau waktunya. Bila ada peluang jemput, maka tim kami turun menjemput setoran itu. Sehubungan dengan peningkatan kasus Covid-19 yang telah diikuti dengan PPKM skala mikro di wilayah Flotim, kami menghimbau kepada semua wapa kendaraan bermotor, agar melaksanakan kewajiban secara patuh. Marilah kita saling mendukung, demi kemajuan daerah ini.”pinta Rosalina Kalumata.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment