Pokmaswas Ritaebang Lepaskan Tukik Hasil Tetasan Telur Penyu Pemberian Nakes PKM Ritaebang

Kelurga Pokmaswas Pedan Wutun,Kelurahan Ritaebang,Kecamatan Solor Barat,Kabupaten Flores Timur,-NTT, sedang melakukan pelepasan tukik ke perairan di lokasi penangkaran Pokmaswas Pedan Wutun,Minggu (4/7) Foto : BNN/ Emnir.

Solor /BaliNewsNetwork.com- Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Pedan Wutun, Kelurahan Ritaebang, Kecamatan Solor Barat,Kabupaten Flores Timur di Minggu ,(4/7) pukul 16.00 wita,,kembali melepaskan 43 ekor tukik ke laut di lokasi Penangkaran Telur Penyu Pedan Wutun  

Menurut Ketua Pokmaswas Pedan Wutun, Kristoforus Kelan Werang, ke-43 tukik tersebut merupakan hasil penetasan  dari 100 butir telur yang serahkan oleh Yohanes Kene Hayong, salah seorang nakes pada Puskesmas Ritaebang pada 13 Mei 2021 lalu.

“Ceritanya begini, di tanggal 13 Mei 2021 sekitar pukul 01.00 wita lalu, saya melakukan monitoring di sepanjang pantai Ritaeabang menuju pantai Riangsunge. Ketika tiba dilokasi pantai Basa-Augelarang, tiba-tiba ada yang memancarkan cahaya senter ke arah saya. Saya lalu membalasnya dengan memancarkan senter saya ke arah sumber cahaya tadi, sambil bergerak merapat ke asal cahaya itu. Ternyata, itu adik Yohanes Kene Hayon,salah seorang warga Lingkungan Augelarang yang juga adalah nakes pada Puskesmas Ritaebang. Dia lalu menyampaikan kalau dirinya barusan mengamankan seekor induk telur penyu bersama telurnya dan akan mengabarkan kami. Kebetulan bertemu pada saat itu, Kene Hayon lalu menyerahkan 100 butir telur yang telah diamankannya  itu, bersama induk penyu tersebut.Induknya langsung kami lepaskan ke laut di pukul 06.00 wita, sedangkan telurnya saya bawa ke penangkaran Pedan Wutun.” tutur Kristo Werang sembari memperlihatkan hasil tetasan telur penyu pemberian dari salah satu nakes Puskesmas Ritaebang itu.

Tak henti-hentinya Kristo Werang mewakili anggota Pokmaswas Pedan Wutun mengucapkan terima kasih kepada Kene Hayon,yang dengan sadar menyerahkan salah satu jenis biota laut yang dilindungi negara itu pada pihak mereka.

Dirinya berharap, apa yang telah dilakukan Kene Hayon tersebut dapat diteladani warga  di Kelurahan Ritaebang tersebut demi menjaga kelesatrian penyu dan juga biota laut lainnya di perairan mereka.

Di penangkaran telur penyu Pokmaswas Pedan Wutun kini sedang  tertangkar 17 sarang telur penyu.Total telur yang sedang ditangkar barisan Kristo Werang tersebut sebanyak 1.867 butir.Terhitung dari Januari 2021,pihaknya telah 2 kali melakukan pelepasan tukik ke laut.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment