Perdana Di Solor, Pasien Meninggal  Dikuburkan Secara Protokol Covid-19

Penjemputan Jenasah Pasien Postif Covid-19 Asal Desa Kalelu, Kecamatan Solor Barat,Kabupaten Flores Timur di Pelabuhan Laut Podor, Desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur, Rabu (30/9) dini hari. Foto : BNN/rjwslr/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork.com-Pasien positif covid-19 asal Desa Kalelu, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT yang meninggal di RSUD dr.Hendrikus Fernandez Larantuka pada Rabu (29/6) dini hari, langsung dikuburkan secara protokol covid tatkala jenasah tersebut tiba dikampung halamannya di pukul 03.30 wita.

Kepala Desa Kalelu,Wilem Ena yang dikonfirmasi melalui Sekertaris Desa,Dus Meman, membenarkan kenyataan tersebut.

“Ketika mendapat kabar tentang meninggalnya, dan penjelasan tentang prosedur pemakaman pasien covid, maka kami pun berkoordinasi dengan keluarga pasien, dan atas partisipasi warga, tempat pemakamannya pun langsung disiapkan.Dimakamkan di TPU di desa kami ini. Dan ketika jenasah itu tiba pada pukul 03.30 wita, acara pemakamannya pun langsung dilaksanakan oleh petugas pemakaman Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Flotim. Keluarga diijinkan mengikuti pemakaman tersebut,namun dibatasi dengan jarak ” kisah Dus Meman.

Pasca mendapat kabar dari pihak RSUD Larantuka bahwa pasien rujukan dari Puskesmas Ritaebang (Selasa,22 Juni 2021) itu, terlacak rapid antigen positif Covid-19, maka  keesokan harinya, pihak Puskesmas Ritaebang pun menerjunkan timnya untuk melakukan tracing dan melaksanakan pemeriksaan rapid antigen terhadap warga yang berkontak erat dengan pasien.

Sebagaimana penjelasan Kepala Puskesmas Ritaebang,Darius Sabon Ama, dari 7 warga yang diperiksa (hasil tracing), 5 di antaranya positif Covid-19.

Kelima warga tersebut pun langsung diarahkan Tim PKM Ritaebang untuk menjalankan isolasi mandiri (isoma) dengan tetap menerapkan disiplin prokes.

Aktivitas isoma mereka tersebut ,senantiasa terpantau Tim Medis dari Pustu Kalelu dan PKM Ritaebang.

Dengan penambahan 5 warga positif Covid-19 di Desa Kalelu tersebu, maka jumlah kasus Covid di wilayah kerja Puskesmas Ritaebang (Kecamatan Solor Barat) pada bulan Juni 2021 bertambah menjadi  9 kasus.

“Dua di Kelurahan Ritaebang, 5 di Desa Kalelu, 1 di Desa blaweling II dan 1 di Desa Ongalereng.Ke-9 mereka kini sedang menjalankan isolasi mandiri, dan tetap dalam pemantauan Tim Medis.” urai Darius Sabon Ama merincikan sebaran kasus Covid di wilayah Solor Barat per Juni 2021 itu.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment