Satya Nadella

Microsoft menunjuk CEO Satya Nadella sebagai ketua dewan dalam pemungutan suara pada hari Rabu, menandai pertama kalinya dalam dua dekade bahwa ketua perusahaan juga akan menjadi CEO-nya.

Microsoft mengeluarkan Nadella dari grup Cloud and Enterprise perusahaan pada tahun 2014 untuk mengambil peran sebagai CEO, dan Nadella menggunakan waktunya disana untuk mengembangkan perusahaan menjadi salah satu perusahaan paling terkemuka dan berharga di dunia. Penunjukkannya sebagai ketua mewakili kepercayaan yang ditunjukan pada kepemimpinan Nadella di Microsoft, terutama mengingat “dampak Covid-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya pada bisnis kami dan orang-orang kami,” Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Dalam jabatan ini Nadella akan memimpin pekerjaan untuk menetapkan agenda kerja para dewan, memanfaatkan pemahamannya yang mendalam tentang bisnis untuk meningkatkan peluang strategis yang tepat dan mengidentifikasi risiko utama dan pendekatan mitigasi untuk tinjauan dewan. Saham Microsoft telah meningkat lebih dari 600%, menjadikannya perusahaan paling berharga kedua di dunia, mengekor di belakang Apple. Nadella sendiri adalah salah satu pemegang saham individu paling terkemuka di Microsoft, yang memiliki lebih dari 1,6 juta lembar saham perusahaan. Nadella akan menggantikan direktur independen John Thompson sebagai ketua, posisi yang dia pegang sejak Gates mengundurkan diri untuk menjadi “penasihat teknologi” pada tahun 2014. Microsoft mengatakan bahwa Thompson akan mempertahankan otoritas yang signifikan termasuk memberikan masukan atas nama direktur independen dalam agenda dewan , mengadakan rapat direktur independen, menetapkan agenda untuk sesi eksekutif, dan memimpin evaluasi kinerja CEO.

Bill Gates sendiri mengundurkan diri dari dewan direksi pada tahun 2020 di tengah penyelidikan internal atas klaim bahwa ia telah menjalin hubungan asmara dengan seorang karyawan di Microsoft yang dianggap tidak pantas oleh pejabat perusahaan.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment