Screenshoot Tweet John McAfee

Pencipta perangkat lunak antivirus John McAfee ditemukan meninggal dalam sel tahanannya di penjara Barcelona, Spanyol sekitar pukul 16:00 waktu setempat (23/06/2021) saat menunggu ekstradisi untuk menghadapi tuduhan penggelapan pajak di Negara Bagian Tennessee, AS.

John McAfee, pencipta Antivirus McAfee

McAfee ditangkap di Spanyol pada Oktober 2020, di mana ia sedang menunggu ekstradisi ke Tenesse, AS karena diduga tidak membayar pajak atas cryptocurrency, konsultasi, dan pengaturan bisnis lainnya.

Beberapa jam setelah ekstradisi disetujui oleh pengadilan Spanyol, Harian El Pais melaporkan bahwa McAfee ditemukan tewas di selnya karena bunuh diri, dan saat ditemukan telah dicoba berbagai upaya namun gagal menyelamatkan John McAfee.

“Petugas penjara telah menemukannya tergantung di selnya, menurut sumber polisi, yang mengatakan mereka mengkatagorikan peristiwa itu sebagai bunuh diri,” lapor El Pais.

Screenshoot Tweet John McAfee

Selama bertahun-tahun, McAfee telah mengklaim bahwa pemerintah AS ingin membunuhnya.

Tweet selanjutnya saat dia di penjara terus menunjukkan kepercayaan McAfee bahwa orang-orang ingin menangkapnya.

McAfee menjadi terkenal setelah menciptakan perusahaan antivirus McAfee Associates pada tahun 1987, yang kemudian diakuisisi oleh Intel pada tahun 2010.

Setelah meninggalkan McAfee Associates pada tahun 1994, McAfee terlibat dalam beberapa perusahaan lain, seperti Tribal Voice dan Zone Labs, dan baru-baru ini, perusahaan cryptocurrency Luxcore.

KOMPAS.com melansir, McAfee menghabsikan hari-harinya di sel sendiri, bingung dengan keputusan untuk mengekstradisinya ke AS atas dakwaan penggelapan pajak. Kepada sipir, taipan berusia 75 tahun itu mengeluhkan kondisi kesehatannya menurun, dan kekhawatiran bakal menghabiskan sisa hidupnya di dalam sel.

Dia sempat meminta otoritas Spanyol menunda ekstradisinya ke Tennessee, AS. Polisi Catalan meyakini McAfee bunuh diri karena tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan.***

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

, ***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment