Tidak heran Apple memperluas Shazam menjadi platform dengan utilitas lengkap. Terungkap bahwa layanan penemuan musik ini telah melampaui satu miliar Shazam per bulan dan 50 miliar tag sejak awal dirilis. Angka yang mengejutkan ini mencerminkan kesuksesan aplikasi yang bertahan lama. Shazam memiliki 200 juta pengguna bulanan dan bisa dibilang menjadi solusi tercepat yang terlintas bagi para pengguna ketika ingin mengidentifikasi lagu atau musik.

Didirikan pada tahun 2002 sebagai layanan berbasis SMS, Shazam memulai debutnya di iPhone pada tahun 2008 dan segera hadir di Android. Pada tahun 2017, keberadaannya telah membantu mengubahnya menjadi dasar untuk acara permainan Fox, Beat Shazam, yang diselenggarakan oleh Jamie Foxx. Apple menyelesaikan kesepakatannya untuk memperoleh layanan tersebut pada September 2018, seharga $400 juta setelah penyelidikan antimonopoli mendalam oleh regulator Eropa. Shazam mengalami desain ulang aplikasinya pada akhir tahun 2020, bersama dengan kemampuan untuk mengidentifikasi musik dari web. Apple juga terus merayu pengguna Android, dengan memberi fitur untuk mendeteksi audio yang diputar melalui headphone.

November 2020, Shazam mengatakan lagunya yang paling Shazamed atau yang paling banyak menggunakan aplikasi Shazam sepanjang masa adalah Dance Monkey 2019 oleh bintang pop Australia Tones And I, yang telah diidentifikasi sebanyak 36,6 juta kali. Hari ini, terungkap bahwa lagu Shazamed ke-50 miliar adalah lagu pop Mandarin Evangeline (不插電版). Hasil Shazam pertama, sementara itu, adalah Jeepster oleh rocker glam 70-an T-Rex.

Di WWDC, Apple mengumumkan bahwa mereka akan membuka teknologi pengenalan audio Shazam kepada para pengembang aplikasi. framework yang dikenal sebagai ShazamKit, memungkinkan pembuat aplikasi iOS dan Android untuk membuat perangkat lunak yang dapat mengidentifikasi musik dari basis data besar lagu-lagu Shazam. Selain itu, pengembang juga dapat membuat katalog khusus audio yang dapat dikenali. ShazamKit akan diluncurkan akhir tahun ini dan juga akan mendukung aplikasi untuk iPad, Mac, Apple TV, dan Apple Watch.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment