Pasien Covid Di Flotim Meningkat, Dinkes Perbantukan Nakes Ke RSUD Larantuka

Pembenahan beberapa ruangan VIP RSUD Larantuka untuk dijadikan ruangan Iso Covid, Selasa (22/6). Foto BNN / EMnir .

Larantuka/BaliNewsNetwork.com- Pemerintah Kabupaten Flores Timur melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur bergerak cepat mengatasi kekurangan nakes untuk merawat pasien dengan status covid pada ruangan iso covid RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka.

Beberapa nakes Dinkes siap digeser dokter Agustinus Ogie Silimalar untuk membantu perawatan  pasien covid  yang cenderung mengalami peningkatan pada beberapa hari belakangan ini.

Kepastian  terkait bala bantuan tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Informasi, Pengembangan SDM, dan Rekam Medik RSUD dr.Hendrikus Fernandez, dr.Paulus Lameng tatkala menjawabi pengkonfirmasian insan media, Selasa (22/6) terkait kendala yang dihadapi mereka sehubungan dengan lonjakan pasien rawat inap dengan status covid itu.

“Salah satu kendala yang kami hadapi di situasi ini adalah terbatasnya tenaga kesehatan. Lonjakan pasien covid yang diikuti dengan penambahan ruangan rawat iso covid ini, otomatis  harus diikuti dengan penambahan nakes, sedangkan stock nakes kami terbatas. Syukurlah kami mendapat tenaga kesehatan dari Dinkes Flotim. Kemungkinan 2 atau 3 tenaga dokter dan 6 perawat.” tutur dokter Paulus Lameng.

Selain persoalan  tenaga kesehatan, kendala lain yang dihadapi mereka adalah terbatasnya fasilitas seperti tempat tidur pasien dan sarana penunjang lainnya, termasuk APD.

Untuk fasilitas tempat tidur pasien, pihak manajemen RSUD terpaksa memindahkannya dari ruangan perawatan yang kebetulan sedang sepih pasien. Demikianpun halnya dengan APD. Minimnya stock APD, membuat pihak manajemen harus melakukan pengetatan pemanfaatannya.

 “Apapun kendalanya, sudah menjadi tugas dan kewajiban kami merawat pasien berstatus covid ini. Puji Tuhan, kondisi pasien di beberapa ruangan iso covid saat ini tetap stabil.” ungkapnya sembari menambahkan pihaknya pun melibatkan rekanan untuk urusan pemenuhan oksigen yang semakin tinggi penggunaanya akibat lonjakan pasien berstatus covid ini.

Pada posisi Selasa, 22 Juni 2021, ada 33 pasien berstatus covid, sedang menjalani perawatan di ruangan iso covid RSUD Larantuka. Dari ke-33 pasien tersebut, 17 diantaranya reaktif rapid antigen. Sedangkan sisanya non reaktif.*(Emnir)..

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment