RSUD Larantuka Tambahkan Ruangan Iso Covid

dr.Paulus Lameng, Kepala Bidang Informasi, Pengembangan SDM dan Rekam Medik pada RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka. Foto : BNN/ EMnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Ruangan Isolasi Covid-19 di RSUD dr.Hendrikus Fernandez-Larantuka,Kabupaten Flores Timur,NTT kini telah penuh ditempati pasien yang berstatus reaktif Covid -19 berdasarkan hasil pemeriksaan rapid antigen. Pada posisi hari ini, Selasa,22 Juni 2021, jumlah pasien tersebut sebanyak 33 orang. Manajemen RSUD Larantuka pun terpaksa menjadikan beberapa ruangan VIP sebagai ruangan rawat iso Covid.

Direktur RSUD dr.Hendrikus Fernandez, dr.Sanny,SE yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Informasi, Pengembangan SDM dan Rekam Medik, dr.Paulus Lameng usai pembenahan ruangan Cempaka 3 jadi ruangan iso covid, Selasa (22/6), mengakui adanya lonjakan pasien dengan status reaktif Covid-19 tersebut.

“Ruangan iso covid yang berdaya tampung 18 fasilitas tempat tidur itu, 16 di antaranya sementara ditempati pasien yang berstatus reaktif  rapid antigen. Dua yang tersisa itu, pun siap ditempati dua pasien dari IGD. Jadi di posisi hari ini, kami pastikan ke-18 tempat tidur di ruangan iso covid itu tertempati semuanya.” ungkap dokter Paulus Lameng.

Lanjutnya, kondisi serupa pun dialami  pada ruangan yang selama ini digunakan untuk merawat pasien non reaktif (secara klinis dan pemeriksaan penunjang mengarah ke covid ).

Di ruangan yang berkapasitas 19 tempat tidur itu, telah ditempati 14 pasien non reaktif. Lima (5) yang tersisa itu pun siap ditempati pasien dari IGD.

“Kami barusan mendapat laporan dari ruangan IGD, bahwa ada tiga pasien yang secara klinis dan pemeriksaan penunjang mengarah ke reaktif covid-19. Satu diantaranya telah memiliki hasil pemeriksaan itu, dan hasilnya reaktif. Sedangkan dua lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan. Namun dari gejalah klinis dan berdasarkan pemeriksaan penunjang, keduanya mengarah ke covid, maka segera dipindahkan ke ruangan ini. ” urai Kabid Informasi,Pengembangan SDM dan Rekam Medik pada RSUD Larantuka tersebut.

Akibat lonjakan pasien yang reaktif  dan yang mengarah ke reaktif tersebut, maka berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Bupati Flores Timur di Senin, 21 Juni 2021 kemarin, pihak Manajemen RSUD Larantuka lantas menjadikan beberapa ruangan VIP sebagai ruangan rawat iso covid, khusus merawat pasien non reaktif.

“Berdasarkan keputusan rapat bersama  Bupati  Flores Timur kemarin, rungan VIP ini kita jadikan sebagai ruangan rawat Iso Covid, yang dikhususkan untuk merawat pasien yang non reaktif.  Ada 8 tempat tidur yang telah kita tambahkan di ruangan VIP ini. Jadi total pasien Covid yang sedang dirawat di sini pada posisi hari ini, adalah 33  orang, termasuk 2 pasien IGD yang sedang menunggu hasil pemeriksaan mereka itu.” papar dokter Paulus Lameng.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment