Kadis DLH Flotim Bantu Pokmaswas Di Solor

Ketua Pokmaswas Desa Sulengwaseng, Kecamatan Solor Selatan, Wilhelmus Woka Dewa Melur. Foto : BNN/ Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork.com-Sebagai wujud apresiasinya terhadap upaya menjaga,melindungi dan melestarikan habitat laut yang dilaksanakan Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Wodo Gorek-Jalur Gaza,Desa Sulengwaseng, Kecamatan Solor Selatan,Kabupaten Flores Timur, NTT,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Flores Timur,Servulus Satel Demoor,S.Hut,di Selasa 8 Juni 2021 menyerahkan bantuan berupa 20 sak semen,1 buah handphone-Nokia,dan 5 buah senter kepala.

Bantuan secara pribadi tersebut diberikan kepada kelompok yang dikomandani Wilhemus Woka Dewa Melur, setelah dirinya bersama beberapa stafnya meninjau aktivitas penangkaran mereka dan melepaskan tukik hasil tetasan di penangkaran tersebut,pada  28 Mei 2021 lalu.

“Sewaktu meninjau lokasi penangkaran mereka dan mendengar kisah tentang aktivitas mereka itu, saya dikesempatan kunjungan itu langsung menjanjikan membantu mereka 20 sak semen untuk pembuatan talud pengamanan penangkaran mereka yang terancam abrasi, serta   1 unit hp dan 5 buah senter kepala untuk melancarkan komunikasi serta melancarkan pencarian dan pengamanan telur penyu.Ini bantuan pribadi saya,menjawabi apa yang dibutuhkan mereka.”ungkap Olus Demoor  yang merasa takjub terhadap kepedulian  Pokmaswas Wodo Gorek di Desa Sulengwaseng itu.

Akivitas yang semula dirintis oleh pasangan suami istri :Wilhelmus Woka Dewa Melur dan Theresia S. Weran yang kemudian diintensifkan oleh Pokmaswas Wodo Gorek tersebut,bagi Olus Demoor merupakan bentuk nyata kepedulian warga di desa ini  terhadap upaya pelestarian lingkungan laut.

Selain mengunjungi aktivitas Penangkaran di Desa Sulengwaseng ini,dirinya pun berjanji akan mengunjungi Pokmaswas Pedan Wutun di Kelurahan Ritaebang.Kecamatan Solor Barat. Pokmaswas Pedan Wutun merupakan Pokmaswas pertama di Pulau Solor yang bergerak di bidang perlindungan dan pelestarian biota laut yang dilindugi negara.

Setelah membangun penangkaran telur penyu di areal pantai U’uma ,mereka lalu mengajak dan mengajarkan Mus Melur untuk juga bergiat di urusan pelestarian salah satu jenis biota laut ini. Pokmaswas Pedan Wutun bahkan menjuarai perlombaan Pokmaswas tingkat Propinsi NTT di Tahun 2019 silam.Penangkaran mereka pun sempat dikungjungi Gubernur NTT,Viktor Bungtilu Laiskodat dalam lawatannya ke Solor di Tahun 2020 lalu.  

“Kami dari DLH Flores Timur,sungguh mengapresia kerja nyata mereka ini,dan akan mengintervensi program program konsevasi di  lingkungan pantai (laut) pada tahun mendatang di sini.”ujarnya .

Bantuan dan dukungan dari orang pertama di DLH Flotim tersebut pun diterima Mus Melur dengan penuh penuh gembira.Dirinya pun berjanji akan memaksimalkan bantuan tersebut dan mengintensifkan kerja mereka.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment