Pentingnya Upaya Preventive untuk Kesehatan Gigi Anak

Para Dosen Poltekkes Kemenkes Denpasar atau Polkesden menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat tentang kesehatan gigi bagi anak-anak PAUD di Desa Mas, Ubud, Gianyar.

DENPASAR/Bali News Network
Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar (Polkesden) merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Kesehatan, sehingga wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, di samping melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, maka diwajibkan pula melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat atau disingkat Pengabmas.
Polkesden secara rutin melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang pada umumnya menekankan kepada upaya promotive dan preventif bidang kesehatan gigi.
Mengingat pentingnya kesehatan gigi dalam membantu tumbuh kembang anak, Dr. drg. I Gusti Agung Ayu Dharmawati, M.Biomed (Ketua Tim) bersama Tim melaksanakan pengabdian kepada masayarakat di TK Kencana Kumara Mas, Ubud, Gianyar, dengan tema  “Tindakan Promotif dan Preventif Kesehatan Gigi pada Anak-anak PAUD di Desa Mas, Ubud, Gianyar”.
Pengabdian ini dilaksanakan secra bertahap, yakni, tahap pertama (21 Mei 2021) berupa pre tes yang dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada orang tua dari anak-anak PAUD, yang dilanjutkan dengan pembentukan kelompok orang tua aktif.
Tahap kedua 11 Juni 2021, dilakukan edukasi tentang cara pemeliharaan kesehatan gigi melalui penyuluhan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat, serta penayangan film kartun, dan bimbingan tentang cara menyikat gigi yang baik, dan tahap ketiga direncanakan pada bulan Juli 2021.
Dr. drg. I Gusti Agung Ayu Dharmawati, M.Biomed, selaku ketua tim menjelaskan, pemeliharaan kesehatan gigi harus dimulai sejak dini, terutama pada anak-anak pra sekolah, yang merupakan salah satu kelompok rentan terhadap penyakit gigi dan mulut.
“Sehingga penanaman pemahaman tentang pemeliharaan kesehatan gigi melalui upaya promotive dan preventive dengan melibatkan peran aktif orang tua,” kata Ayu Dharmawati dikonfirmasi di Denpasar, Kamis (17/6).
Adapun kegiatan ini, disamping dilaksanakan oleh tim pengabdi, juga dibantu oleh Pranata Laboratorium Pendidikan dan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Denpasar, serta secara teknis melibatkan para Guru TK.
Ni Wayan Melati, S.Pd. AUD selaku Kepala TK Kencana Kumara Mas menyambut baik kegiatan ini, serta berharap melalui kegiatan ini, anak-anak memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara memelihara kesehatan gigi, serta berharap pula kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. bq

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment