Diyakini Pecandu Sabu, Pensiunan AL Inggris Dituntut 3,5 Tahun Penjara

 

DENPASAR-Balinewsnetwork.com – Seorang warga negara asing (WNA) asal Inggris yang juga veteran Angkatan Laut Inggris, Steve Gerald Bryn Saunders (62) yang terjerat kasus narkoba dituntut 3,5 tahun penjara karenanya diyakini melakukan tindak pidan penyalahguna narkoba bagi dirinya dirinya. 

Dalam sidang yang berlangsung secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa kemarin, Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gusti Lanang Suyadnyana menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana narkotika. Pria kelahiran Inggris, 29 September 1958 ini dijerat Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menohon kepada majelis hakim supaya menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Steve Gerald Bryn Saunders dengan pidana penjara selama tiga tahun dan enam bulan, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara,” ujar JPU dalam tuntutan.

Atas tuntutan itu, terdakwa yang didampingi pengacara dari PBH Peradi Denpasar dan penerjemah bahasa langsung menanggapi tuntutan denga memohon keringanan hukuman dengan pertimbangan, terdakwa bersikap sopan selama persidangan, mengakui terus terang perbuatannya dan menyesali perbuatannya. 

Sebagaimana dalam berkas, terdakwa ditangkap petugas kepolisian pada tanggal 20 Desember 2020 sekira pukul 20.00 WITA di salah atau kamar hotel di Bali. Sebelum dilakukan penangkapan, petugas terlebih dahulu melakukan penyelidikan terhadap terdakwa. 

Setelah dugaan bahwa tersangka memiliki narkoba semakin kuat, polisi langsung mengkap dan melakukan penggeledahan. Dari penggeledahan itu petugas menemukan barang bukti sabu seberat 0,76 gram yang disimpan terdakwa didalam kamar mandi.

Awalnya kepada petugas tersangka tidak mengakui barang bukti itu adalah miliknya, terdakwa sempat menyebut barang itu adalah milik orang yang bernama Wayan. Tapi setelah diselediki lebih jauh ternyata nama Wayan yang disebut tersangka tidak pernah ada.

Selain menemukan sabu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu batang pipa kaca kecil, dua batang pipa alumunium dan buah pipet warna putih serta satu buah Handphone.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment