Apple Worldwide Developers Conference atau lebih dikenal sebagai WWDC merupakan event bergengsi dari Apple, dimana pada konferensi tahunan tersebut dibahas teknologi yang sedang dan akan dikembangkan oleh Apple. Mulai dari hardware, software, hingga kebijakan baru dari perusahaan tersebut. Pada WWDC 2021 yang kembali diadakan secara virtual, setelah pada tahun 2020 diadakan secara virtual karena Covid 19, dimana pada tahun 2021 diadakan mulai 7 Juni dan hingga 11 Juni 2021.

berikut adalah rekap apa saja yang diperkenalkan pada hari pertama pada WWDC 2021:

Apple OS Beta

Apple iOS 15, iPadOS 15, WatchOS 8 dan MacOS Monterey semuanya tersedia untuk versi developer hari ini, mengikuti tren perusahaan untuk merilis perangkat lunak baru kepada developer segera setelah pengumumannya.

Apple mengatakan versi publik akan tersedia pada bulan Juli, dengan rilis penuh direncanakan pada musim gugur.

Xcode Cloud

Apple mengumumkan fitur baru yang disebut Xcode Cloud, yang dirancang untuk membantu pengujian aplikasi di beberapa perangkat. Apple mengatakan begitu developer mengunggah kode mereka ke server perusahaan, itu akan secara otomatis diuji di beberapa perangkat, dan kemudian dapat dengan mudah tersedia untuk penguji beta.

Perubahan Safari

Safari yang merupakan Web Browser di Mac Apple selalu menjadi pilihan kedua pengguna setelah Google Chrome dan Mozilla Firefox, bahkan jika Apple mengklaimnya lebih cepat dan memiliki daya tahan baterai yang lebih baik.

Di MacOS Monterey, Apple mengatakan sedang mengerjakan ulang Safari dengan membuatnya terlihat lebih menarik untuk dilihat, dan menambahkan lebih banyak fitur sinkronisasi antar perangkat milik Apple.

pada perangkat iPhone, Apple mengatakan akan memindahkan bilah tab ke bagian bawah halaman, bukan bagian atas. Apple mengatakan ini akan membuatnya lebih mudah dijangkau dan digunakan. Apple juga membawa ekstensi aplikasi desktop Safari ke Safari di iPhone dan iPad. Apple mengatakan ekstensi dapat berbagi kode di iPhone, iPad, dan desktop, membuatnya lebih mudah untuk dikembangkan.

MacOS Monterey

Ini mungkin terdengar seperti hal yang aneh,karena pada daftar fitur pembaruan Utama Mac berikutnya, banyak di antaranya adalah yang telah terdengar di iOS 15. Misalnya Quick Share, dan yang baru fitur FaceTime.

Universal Control Apple merilis fitur “Universal Control”, fitur baru ini akan membantu pengguna Mac untuk mengontrol iPad-nya. Cara kerjanya cukup sederhana, yang harus dilakukan adalah memindahkan kursor mouse ke sisi layar, dan itu akan mulai mengontrol perangkat lain. Apple mengatakan proses cut/copy/paste juga berfungsi, sehingga pengguna dapat mengambil satu item dari Mac dan membawanya ke yang perangkat apple lain.

Dan Apple mengatakan Kontrol Universal berfungsi di beberapa perangkat, sehingga pengguna dapat menyeret gambar melintasi iPad, MacBook, dan ke iMac semuanya di meja yang sama. Integrasi Siri di lebih banyak perangkat

Hingga saat ini, Siri yang merupakan asisten suara Apple hanya tersedia di perangkat iPhone, iPad, Mac, dan HomePod saja. kata Apple kini Siri akan bekerjasama dengan perusahaan mitra Apple untuk membuat Siri tersedia di perangkat tersebut.

Fitur kesehatan yang lebih baik

Beberapa tahun yang lalu, Apple menambahkan fitur ke Apple Watch untuk meminta bantuan jika penggunanya jatuh saat memakai Apple Watch. Kini aplikasi Kesehatan tersebut akan mengidentifikasi kemungkinan pengguna jatuh di masa depan. Apple mengatakan titik data baru, yang mereka sebut “steadiness,” divalidasi secara ilmiah, dan berdasarkan cara penggunanya berjalan sepanjang hari. Dan jika kemungkinan pengguna mengalami kecelakaan atau terjatuh meningkat, Apple mengatakan akan mengirimkan peringatan untuk memperingatkan penggunanya.

iCloud Plus untuk privasi

Apple menambahkan penawaran layanan baru ke paket berlangganannya, kali ini berfokus pada privasi. iCloud Plus baru dirancang untuk membantu mengaburkan informasi penggunannya dari web.

Dengan menggunakan sistem relay, saat pengguna menggunakan alat email, nama email yang digunakan adalah nama acak yang menyulitkan melacak, penggunaan mekanismke ini akan membentuk dua jalur relay untuk mengaburkan informasi, untuk membantu mencegah perusahaan mengirim spam, menciptakan sistem “relay”, yang menyembunyikan informasi pengguna menjelajahi web, bahkan dari apple.

Apple mengatakan fitur-fitur ini akan dibangun ke dalam iCloud dengan harga yang sama. Jadi bagi pengguna yang sudah berlangganan icloud, nantinya saat diluncurkan, fitur ini akan langsung mereka bisa gunakan, dengan kemungkinan peluncuran diakhir tahun ini.

Find My AirPods

AirTags Apple menawarkan cara baru untuk melacak perangkat, tetapi ketika menyangkut aksesori Apple sendiri, perusahaan mengambil langkah lebih jauh. Perusahaan mengatakan AirPods sekarang akan mengirimkan “bluetooth beacon”, berupa sinyal blueetooth ke sekitar perangkat, sehingga perangkat jaringan Find My dapat membantu menemukan AirPods jika tidak berada di dekatnya.

Dan dalam kasus AirPods Pro, aplikasi Find My akan membantu menentukan lokasi perangkat seperti pada AirTags.

Peta yang lebih baik

Sejak diluncurkan pada 2012, Apple Maps telah mencoba menggunakan Google Maps dan aplikasi Waze-nya. Tahun ini, Apple mengatakan sedang memperbaiki tampilan Apple Maps, dengan visual yang lebih berwarna dan lebih detail seperti menunjukkan jalur pejalan kaki dan berbelok di peta saat pengguna mengemudi. Apple juga menambahkan augmented reality ke petunjuk arah berjalan di Apple Maps.

Aplikasi Wallet yang diperbaharui

Aplikasi Wallet Apple selalu terasa lebih menjanjikan daripada kenyataan. Tetapi dengan iOS 15, Apple mendorong penerapan aplikasi Wallet kearah yang lebih jauh, yaitu menggunakan kartu masuk perusahaan dan Kartu SIM ke aplikasinya. Meskipun terdengar meragukan, tetapi pengguna bisa menyimpan identitasnya seperti KTP dan SIM diperangkat iPhone. Terlepas dari apakah pengguna mau atau tidak menggunakannya, tetapi Apple mengatakan Apple Wallet akan dienkripsi untuk menjaga keamanannya.

Live Text

Apple memperluas teknologi kecerdasan buatannya di iOS 15, dan salah satu yang dirilis adalah “Live Text”, dimana Live Text akan secara otomatis membaca apa yang ingin pengguna lakukan dengan teks di web jika pengguna mengkliknya, atau jika pengguna mengangkat kamera di papan tulis.

Apple mengatakan Live Text juga berfungsi dengan aplikasi fotonya, melampirkan tag foto yang dihasilkan secara otomatis ke fitur pencarian sorotan di seluruh perangkat. Jadi pengguna dapat mencari “pantai” di Spotlight dan itu akan menampilkan foto di dipantai juga, tidak hanya di aplikasi foto.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment