Google meluncurkan pembaruan untuk Google Play yang pertama kali muncul beberapa minggu yang lalu, dan muncul lebih banyak banyak perangkat minggu pada ini. Pembaruan ini penting karena secara dramatis mengubah bagian “Aplikasi & game saya” menjadi area “Kelola aplikasi & perangkat” baru di mana semuanya terlihat dan berfungsi secara berbeda.

Pada bagian “Kelola aplikasi & perangkat” yang baru ini, pengguna hanya akan menemukan dua halaman untuk “Ringkasan” dan “Kelola”. Sebelum pembaruan ini, pengguna memiliki menu Pembaruan, Terinstal, Pustaka, Bagikan, dan Beta, yang semuanya cukup masuk akal dari perspektif manajemen. Namun sekarang para pengguna harus membiasakan diri dengan tampilan dan fungsi yang lama namun dengan cara baru.

Halaman “Ringkasan” menunjukkan status Play Protect pengguna, jika pengguna memiliki pembaruan yang tersedia (termasuk berapa banyak, dengan tombol untuk memperbarui atau melihat detail), berapa banyak penyimpanan yang digunakan, pintasan untuk berbagi aplikasi, dan lainnya untuk menangani peringkat pengguna dan ulasan.

Jadi, alih-alih menuju ke halaman pembaruan lama, di mana pengguna memiliki daftar aplikasi dengan pembaruan yang tersedia di bagian atas daftar yang baru saja diperbarui, para pengguna sekarang dapat melihat berapa banyak pembaruan yang sedang ditunggu, tetapi kemudian perlu mengetuk salah satu dari dua tombol untuk membuka halaman pembaruan untuk menerapkannya.

Bagian yang sangat aneh ada di halaman “Kelola”. Di sini pengguna dapat melakukan filter aplikasi menurut yang Terinstal atau Tidak Terinstal, berdasarkan pembaruan yang tersedia, atau jika hal tersebut itu adalah game. Pengguna bahkan dapat mengurutkan beberapa cara, berdasarkan ukuran atau nama atau paling sering /jarang digunakan.

Sebuah perubahan memang diperlukan untuk memberikan kesegaran serta fitur baru bagi penggunanya, namun semoga pembaharuan dari Google ini tidak malah membingungkan para penggunanya.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment