Setelah meluncurkan dukungan mode gelap atau lebih dikenal sebagai dark mode ke Microsoft Office untuk perangkat Android awal tahun ini, Microsoft kini kembali menambahkan fitur, yaitu fitur voice record and transcribe. Fitur baru ini akan memungkinkan penggunanya dengan mudah menangkap dan menyalin rekaman suara di smartphone androidnya, menjadikannya perangkat tambahan yang sangat bagus untuk jurnalis, pelajar, dan sejenisnya.

Menurut posting pada blog Microsoft Office Insider, fitur pengambilan suara baru di Microsoft Office untuk Android ini akan menggunakan transkripsi ucapan-ke-teks langsung untuk membantu penggunanya menangkap catatan suara dengan mudah dan menyalinnya untuk digunakan dalam bentuk teks. Ini juga mendukung penyorotan teks yang disinkronkan selama pemutaran untuk membantu penggunanya meninjau catatan suara dengan mudah, dan bahkan menawarkan kemampuan untuk membagikan rekaman/transkripsi dengan aplikasi Microsoft 365 lainnya. bagi pengguna Microsoft 365, fitur ini juga memungkinkan penggunanya memisahkan dan menyalin input dari berbagai pembicara berdasarkan identitasnya. Untuk menggunakan fitur baru ini, Pengguna harus mengunduh Microsoft Office versi terbaru untuk Android dari Play Store. Kemudian ketuk tombol + di bagian bawah tab Beranda pada aplikasi dan pilih opsi Suara baru di bawah bagian Tangkapan Cepat untuk membuat rekaman suara baru. Pengguna kemudian dapat mulai berbicara untuk merekam catatan suara dan mengetuk tombol End setelah selesai merekam.

Aplikasi akan menyimpan rekaman sebagai voice card, dan penggunanya akan dapat melihat semua rekaman dalam tampilan daftar di aplikasi. Fitur ini akan secara otomatis menyalin rekaman, dan pengguna akan dapat melihat transkripsi saat mengetuk rekaman dalam daftar. Jika pengguna ingin meninjau rekamannya, yang harus dilakukan adalah memilih voice card untuk diputar dengan penyorotan teks yang disinkronkan. Aplikasi Microsoft Office untuk Android juga akan menampilkan semua voice card penggunanya di tab Beranda untuk memudahkan akses.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus menginstal Microsoft Office untuk Android v16.0.14026.20096 atau yang lebih baru di smartphone Android dan mengatur bahasa/wilayah ke Bahasa Inggris (Amerika Serikat). Perlu dicatat bahwa Microsoft meluncurkan fitur baru secara bertahap, sehingga mungkin tidak segera muncul di smartphone android di seluruh dunia.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment