ISOCELL JN1

Samsung baru saja memperkenalkan sensor kamera terbaru yang ditargetkan untuk smartphone, disebut ISOCELL JN1 dan dengan resolusi 50MP. Ukuran satu piksel hanya 0,64 m, yang merupakan ukuran terkecil yang pernah diproduksi oleh perusahaan Korea tersebut, sedangkan tipe untuk keseluruhan sensor adalah tipe 1/2,76”.

Sensor ini dibuat untuk smartphone kelas menengah hingga flagship, sensor ini memiliki ISOCELL 2.0 untuk isolasi piksel tingkat lanjut dan mengurangi cross-talk. Secara teori, hal ini harusnya meningkatkan sensitivitas cahaya dan ketepatan warna dengan pembaharuan pada bahan yang diguanakan antara filter warna yang tidak membiarkan cahaya dari satu piksel bocor ke piksel disekitarnya.

ISOCELL JN1 hadir dengan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar 1,28μm untuk gambar 12,5 MP yang cerah dengan sedikit noise. Hal ini juga memungkinkan HDR real-time, dengan dua eksposur yang didaptkan pada saat yang bersamaan. Peningkatan juga dilakukan pada pemfokusan fase-deteksi dan sekarang hadir dengan nama Double Super PD. Samsung melakukan desain ulang lensa mikro di atas piksel di ISOCELL JN1, yang meningkatkan kecepatan dan akurasi fokus otomatis.

Sensor ini dapat merekam video hingga resolusi 4K dengan 60fps dan 1080p dengan 240fps, tetapi tentu saja kemampuan tersebut juga bergantung pada smartphone tersebut, apakah memiliki chipset yang mumpuni.

Sensor Samsung ISOCELL JN1 sudah dalam produksi secara massal sehingga ponsel pertama dengan sensor tersebut tidak akan perlu waktu lama untuk muncul dipasar smartphone.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment