Google meluncurkan beberapa pembaharuan pada penjelajahan aman yang disempurnakan atau Enhanced Safe Browsing pada browser Chrome untuk membantu pengguna supaya tidak memasang ekstensi dan mengunduh file yang berbahaya.

Pengguna sudah dapat dengan mudah mengelola semua ekstensi Anda di Chrome. Sekarang, saat pengguna mencoba memasang ekstensi baru dari halaman web Toko Web Chrome, dialog baru akan muncul untuk memperingatkan pengguna jika ekstensi tersebut tidak terdaftar dalam daftar tepercaya oleh Enhanced Safe Browsing. Pengguna kemudian dapat memilih untuk membatalkan penginstalan atau melanjutkan proses.

Google menyatakan bahwa aplikasi atau ekstensi akan dianggap dapat dipercaya jika mampu mematuhi Kebijakan Program chrome, meskipun proses ini memakan waktu hingga beberapa bulan bagi pengembang baru untuk mendapatkan status tepercaya. Saat ini hampir 75% ekstensi di Toko Web Chrome dianggap tepercaya.

Google juga mengambil tindakan ekstra untuk memastikan bahwa file yang diunduh aman. Saat pengguna mengunduh file, browser Chrome akan melakukan pemindaian awal pada metadata file yang berpotensi berisiko untuk menentukan keamanannya. Jika saat pemindaian awal menunjukkan bahwa suatu file mungkin berbahaya, pengguna dapat mangajukan supaya file tersebut melalui pemindaian yang lebih komprehensif. Jika file tersebut dianggap berbahaya, Chrome akan memblokirnya.

Google menyatakan bahwa pengguna dapat melewati kedua tindakan baru ini jika diinginkan, tetapi resiko dari tindakan tersebut akan menjadi tanggung jawab pengguna tersebut. Perusahaan memuji rekam jejak Enhanced Safe Browsing, dengan mengatakan bahwa tindakan phishing yang berhasil berkurang hingga 35% sejak diluncurkan tahun lalu.

Langkah-langkah baru tersebut adalah contoh dari fokus Google pada keamanan para penggunanya. Awal tahun 2021, Google telah menghapus dan menonaktifkan ekstensi Chrome yang populer setelah dianggap berbahaya setelah memperkenalkan perangkat lunak pelacakan. Dengan penyempurnaan pada Enhanced Safe Browsing, pengguna akan lebih mengetahui ekstensi dan file yang mereka unduh.

Tambahan baru akan hadir di Chrome 91, yang sekarang tersedia secara publik, termasuk pada semua jajaran Chromebook. Pengguna harus mengaktifkan Enhanced Safe Browsing yang dapat ditemukan di setelan Chrome di bawah privasi dan keamanan > keamanan > Perlindungan yang disempurnakan.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment