Instagram sedang mengerjakan tools baru untuk membantu para creator yang ada di platform tersebut untuk mendapatkan uang lebih. Pada acara Creator Week pertamanya, Mark Zuckerberg memperkenalkan fitur baru yang akan membantu influencer mendapatkan “uang ekstra” untuk memenuhi tujuan tertentu.

Dengan program baru yang sedang disiapkan, influencer dapat memperoleh pembayaran tambahan saat mencapai target tertentu, di Instagram para pembuat konten dapat memperoleh “bonus” dengan menjual sejumlah lencana dalam streaming yang mereka lakukan, atau streaming dengan akun lain. Di Facebook, bonus akan datang melalui “Stars Challenges” yang memberi penghargaan kepada pembuat konten yang telah memenuhi kondisi streaming tertentu dan menyelesaikan tugas atau misi lainnya.

Selain meningkatkan pendapatan bagi pembuat konten, tantangan baru ini juga dapat mendorong influencer untuk menghabiskan lebih banyak waktu membuat konten untuk penggemar mereka di Instagram dan Facebook dibandingkan dengan platform lain. “Kami percaya bahwa para mereka harus dihargai atas nilai yang mereka berikan kepada penggemarnya dan komunitas secara keseluruhan,” kata Zuckerberg selama acara tersebut. Instagram akan memberi penghargaan kepada pembuat yang menjual banyak lencana dengan hadiah berupa tambahan uang hadiah.

Sang CEO menawarkan detail baru tentang rencana perusahaan yang memungkinkan untuk para influencer untuk mendapat komisi dari transaksi belanja di dalam platform aplikasi tersebut. Dengan perubahan tersebut, merek dapat menetapkan tarif komisi untuk produk yang mereka post di Instagram. Ketika creator menandai produk tersebut di pos mereka, mereka kemudian akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah penjualan yang dihasilkan dari post mereka.

Terakhir, Instagram memungkinkan pembuat konten yang sudah menjual produk mereka sendiri dengan menautkan etalase yang ada ke profil Instagram mereka.

Facebook memperkenalkan alat baru saat meningkatkan upayanya untuk merayu pembuat konten, yang memiliki banyak platform untuk memonetisasi pengikut mereka. Sementara Instagram telah mampu mencapai kesepakatan sponsorship dengan merek di masa lalu, platform tersebut belum berbuat banyak untuk memfasilitasi pengaturan ini, terutama untuk nama-nama baru yang mungkin belum banyak dikenal. Tetapi Zuckerberg baru-baru ini berbicara tentang perlunya semacam “creator kelas menengah” yang dapat membuat platform berkelanjutan untuk lebih banyak orang.

Di Creator Week, Zuckerberg sekali lagi menekankan bahwa Facebook bermaksud memiliki persyaratan yang lebih menguntungkan bagi para creator daripada yang diberlakukan oleh pesaing mereka, yaitu Apple, ketika rencana untuk mengambil potongan dari para creator pada tahun 2023 nanti, Dia tidak mengatakan apa saja persyaratannya, tetapi syarat itu akan kurang dari 30 persen, tidak seperti yang dilakukan oleh Apple dan lainnya.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment