Bersiap-siaplah memiliki smartphone Samsung terbaru yang dapat dilipat dengan teknologi engsel ganda. Bahkan teknologi engsel ganda ini sudah dipatenkan oleh pihak Samsung.

Samsung diperkirakan akan membuat ponsel lipat di luar jajaran Galaxy Z Flip dan Z Fold. Berkat render yang disediakan oleh LetsGoDigital bekerja sama dengan Sarang Sheth, kita memiliki gambaran seperti apa tampilan Samsung foldable yang baru. Paten diajukan kepada WIPO (World Intellectual Property Organization) sebagai Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia dan USTPO (United States Patent and Trademark Office) sebagai Lembaga Hak atas Kekayaan Intelektual Amerika Serikat dalam waktu satu hari. Paten tersebut diberi judul “Metode dan perangkat untuk menyediakan antarmuka pengguna pada perangkat elektronik yang memiliki tampilan yang dapat dilipat”.

Dijuluki ‘Samsung Galaxy Z Fold Tab’, perangkat lipat ini memiliki engsel ganda dengan tiga bagian tampilan. Saat dilipat secara penuh, celah yang ditinggalkan oleh dua bagian luar cukup untuk menampung S Pen dan tiga kamera belakang yang ditumpuk secara vertikal.

Perangkat ini dapat digunakan dalam tiga konfigurasi: terbuka secara penuh, satu sisi terlipat, atau terlipat penuh. Antarmuka akan segera beradaptasi setelah pergerakan terdeteksi. Mode Flex disebutkan oleh LetsGoDigital jadi kita berharap engsel yang mengartikulasikan juga muncul.

Samsung sebelumnya telah mematenkan perangkat lipat multifungsi yang mirip. Galaxy S-foldable yang ditunjukkan Samsung bulan lalu menunjukkan bahwa perusahaan tentu saja mempertimbangkan beberapa faktor bentuk yang berbeda sebelum memutuskan mana yang akan ditambahkan ke jajaran seri Z. Dikatakan juga, perangkat seperti ini mungkin tidak akan pernah sampai ke pasar dan render, yang kita lihat hanya diilustrasikan untuk tujuan pelaporan dan prototype saja.

Samsung Galaxy Z Fold3 dilaporkan telah memasuki produksi massal dan perangkat lipatnya diperkirakan akan tiba di Indonesia sekitar bulan Juli bersama dengan smartphone Galaxy Z Flip berikutnya. Samsung baru-baru ini memperkirakan bahwa mereka mengharapkan akan menjual 7 juta perangkat yang dapat dilipat pada akhir tahun 2021.

Masa depan Samsung sangat terletak pada tampilan fleksibel untuk perangkatnya sendiri dan jajaran OEM lainnya. Kita akan melihat pembaharuan pada perangkat yang dapat dilipat, namun hal itu akan mengikuti kenaikan biaya rata-rata smartphone. Sangat menarik untuk melihat apakah pasar akan secara permanen menerima smartphone dengan bentuk yang dapat dilipat atau jika mereka akan menghilang sebagai perangkat prototype saja.***

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment