Pada hari Kamis, 27 Mei 2021 Telkomsel secara resmi merilis 5G di Indonesia, dengan permulaan baru mencakup 6 daerah yang ada di wilayah residensial di DKI Jakarta dan Tangerang Selatan, yaitu :

  • Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten
  • Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan Banten
  • Pantai Indah Kapuk, (PIK), Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • Kelapa Gading, Jakarta Utara DKI Jakarta
  • Pondok Indah, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Widya Chandra, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Tetapi pada ke-6 daerah tersebut baru difokuskan pada beberapa titik tertentu, seperti di Provence Parkland di BSD dan Bukit Golf Mediterania di PIK. Selain 6 daerah tersebut, jaringan 5G juga bisa diakses di Institut Teknologi Bandung, Telkom University, Jawa Barat, dan Telkomsel Smart Office, Jakarta, serta hotspot yang tersedia di gerai Grapari Telkomsel berikut :

Grapari GTG Medan (Sumatera Utara), Grapari Batam Centre (Kepri), Grapari Terminal 3 Soekarno Hatta (DKI Jakarta), Grapari Solo (Jawa Tengah), Grapari Pemuda Surabaya (Jawa Timur), Grapari Renon ,Denpasar (Bali), Grapari Balikpapan (Kalimantan Timur), Grapari Pettarani Makassar (Sulawesi Selatan).

Pengembangan jaringan 5G Telkomsel akan mulai dikembangkan mencakup daerah Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Kecepatan download hingga 20 Gbps

Ketika meluncurkan 5G, Telkomsel berjalan pada frekuensi 2.300 MHz untuk data plane dan 1.800 MHz untuk control plane, dengan klaim 5G akan lebih unggul dibandingkan dengan 4G. Di atas kertas, kecepatan download 4G yang hanya mencapai 1Gbps, sedangkan 5G bisa mencapai 20 Gbps, 20 kali lebih cepat daripada 4G.

5G juga menawarkan latency yang jauh lebih kecil dari jaringan 4G, dimana latency pada jaringan 5G diklaim 1ms, dimana 10 kali lebih rendah dibandingkan latency pada jaringan 4G,

Tak semua ponsel 5G yang beredar di Indonesia bisa tersambung ke jaringan 5G Telkomsel. Syarat utamanya adalah mendukung penggunaan pita frekuensi 2.300 MHz (band n40). Namun bagi pelanggan dengan perangkat yang telah mendukung 5G dan areanya sudah dijangkau sinyal 5G Telkomsel dapat langsung mengakses jaringan tersebut tanpa perlu mengganti kartu SIM, asalkan sudah memakai tipe USIM. Telkomsel menjanjikan kecepatan akses hingga 750 Mbps.**

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment