Inilah Fitur Baru dalam Android 12

RUBRIK ini diasuh oleh I Komang Dharmendra, S.Kom, MT. Dosen Program Studi Sistem Informsi  ITB STIKOM Bali.

Dalam acara google I/O yang diadakan pada 18 – 20 Mei 2021 dan disiarkan secara daring melalui youtube, google merilis Android 12 beta preview. Meskipun belum versi final, nampun pada Android 12 diperkenalkan fitur baru serta penyempurnaan  dari Android 11 sebelumnya. Berikut beberapa perubahan yang muncul di Android 12 beta preview :

  1. Material You.

Dengan tajuk “Designed for you” Android ingin menegaskan bahwa smartphone Android yang digunakan oleh setiap pengguna adalah personal dan mencirikan individu dari masing-masing pengguna,  maka pada Android 12 dengan pengembangan dari material design diperkenalkan Material You, dimana akan berfokus pada pemilihan warna yang bisa dipilih secara personal oleh para pengguna, serta kustom widget yang lebih beragam dari sebelumnya sehingga masing-masing Android akan berbeda dengan yang lain dan mewakilkan kerakteristik penggunanya.

2. Panel Baru.

Quick Tiles sebagai shortcut untuk beberapa fungsi yang umum digunakan oleh pengguna mengalami perubahan yang cukup signifikan. Sebelumnya pada android 11 ketika menggeser layar dari atas ke bawah dan membuka Quick Ttiles, pengguna akan disuguhkan tampilan deretan menu berbentuk kotak dengan ujung melengkung dan berukuran lebih besar, dibandingkan pada android 11 yang berbentuk lingkaran dan berukuran lebih kecil, perubahan ini memungkinkan untuk Quick Tiles menampilkan informasi cukup tambahan, serta lebih mudah saat ditekan. Di menu pull-down, area notifikasi tidak lagi transparan, diganti dengan warna solid sesuai dengan tema yang dipilih oleh pengguna.

3. Peningkatan Fitur Privasi

Sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di seluruh dunia, Android juga sangat memperhatikan bagaimana menjaga privasi para penggunanya. Pada Android 12 diperkenalkan Privacy Dashboard yang memungkinkan pengguna dapat melihat informasi tentang berapa banyak aplikasi yang mengakses lokasi, kamera, dan mikrofon dalam 24 jam terakhir.

4. Desain Notifikasi Baru

Notifikasi juga mengalami pembaharuan, dengan penambahan fitur berupa notifikasi yang muncul pada drop down bisa dibalas dengan template pesan yang telah disiapkan oleh pengguna sebelumnya, dan template pesan balasan ini akan menyesuaikan perlahan sesuai dengan bentuk balasan para pengguna dengan teknologi kecerdasan buatan.

Android 12 ini cocok untuk anak muda milenial yang enegik dan menyukai keindahan. Para eksekutif muda juga dianjurkan menggunakan Android 12 karena fitur-fiturnya sangat mendukung aktifitas Anda dalam berbisnis. Jadi tunggu apalagi?**

Berita Terkait:

  1. http://balinewsnetwork.com/2021/05/28/google-chrome-versi-91-siap-meluncur-paksa-pengguna-pakai-grid-layout-untuk-tab/
Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment