Marianus Nobo Waton,SE, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Flores Timur-NTT. Foto : BNN/Emnir.Doc.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com–  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Flores Timur di Senin (15/3) pukul 13.00 wita, menerima 8000 keping blangko KTP Elektronik, hibah dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Pelayanan pencetakan E-KTP yang telah terhenti sejak bulan Pebruari 2021 itu pun kini kembali normal.Pihak Dukcapil Flotim pun langsung ngebut melakukan pencetakan E-KTP.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (15/3) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Flores Timur, Marianus Nobo Waton,SE menjelaskan, jumlah kepingan blangko hibah dari Kemendagri tersebut adalah jawaban atas pengajuan permohonan pihak Dukcapil Flotim  pada bulan Pebruari 2021 .

“Pasca terhentinya pelayanan pencetakan E-KTP pada awal Pebruari 2021 akibat kehabisan stock blanko, jumlah warga yang melakukan perekaman E-KTP baru, sebanyak 612. Belum termasuk dengan jumlah penduduk yang mengajukan permohonan pengurusan E-KTP karena hilang, rusak, migrasi, maupun pergantian elemen data kependudukan dalam E-KTP yang jumlahnya sekitar 2000an. Maka,dalam pengajuan permohonan kami di Pebruari 2021 itu, kami mengajukan permohonan  sebanyak 8000 keping blanko. Dan syukurlah, pihak Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil pun meluluskan permohonan kita, dan saat ini,8000 keping blanko E-KTP tersebut telah tiba dikantor Dinas Dukcapil Flotim.” urai Nus Waton dengan ekspresi riang.

Dengan tibanya 8000 keping blanko E-KTP itu, pihak Dukacpil Flotim pun langsung ngebut melakukan layanan pencetakan  E-KTP yang tertunda atau terhenti sejak kehabisan stock blangko di bulan Pebruari hingga memasuki pertengahan Maret 2021 ini.

Sementara itu,terkait stock material pendukung pencetakan E-KTP lainnya,seperti film,ribbon maupun sarana pendukung lainnya,Nus Waton dengan gaya santainya langsung berujar : “semuanya dalam kondisi siap pakai.”

Walau kehabisan stock blanko E-KTP di bulan Pebruari 2021 itu, tidak menyurutkan barisan Nus Waton untuk turun lapangan dalam aksi jemput bola: melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Tim Dukcapil Flotim disebarkan turun ke desa-desa dan kelurahan, baik di Solor,Adonara maupun di Flotim daratan, untuk memberikan pelayanan semua jenis dokumen kependudukan sebagaimana jadwal yang telah tersepakati bersama pihak Pemdes maupun Pemlur.

“Pelayanan jemput bola itu tetap kami jalankan sampai sekarang dan akan berlanjut terus.”tuturnya seraya memberikan beberapa instruksi kepada staf yang hendak turun lapangan melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat di sejumlah desa.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

 

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment