Denpasar/BaliNewsNetwork–Denpasar–Minggu, (25/10/2020) Program Kreativitas Mahasiswa Innovation Technology Team (PKM-ITT) ITB STIKOM Bali menggelar acara Sosialisasi Online Penulisan Proposal PKM 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui channel youtube Stikomers TV dan juga secara luring di Aula ITB STIKOM Bali dengan tema “Explore your Creativity with PKM”. Menghadirkan narasumber dari Kepala Bagian Penelitian P2M ITB STIKOM Bali, IGKG Puritan Wijaya, S.Kom., MMSI dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu ITB STIKOM Bali, Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, S.T., M.Kom.

Dalam laporannya, I Kadek Seneng selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan PKM sebagai program wajib dan menumbuhkan minat mahasiswa dalam menulis, khususnya pada proposal PKM. Sosialisasi ini menargetkan seluruh mahasiswa/i ITB STIKOM Bali untuk berpartisipasi, yang berfokus pada angkatan 2019, 2020 dan mahasiswa penerima beasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh 1.176 peserta yang berasal dari angkatan 2016 (2 orang), angkatan 2017 (10 orang), angkatan 2018 (142 orang), angkatan 2019 (360 orang), dan angkatan 2020 (662 orang).

Kepala Bagian Kemahasiswaan ITB STIKOM Bali Bapak I Gusti Ngurah Wikranta Arsa, S.Kom., M.Cs dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKM 5 bidang merupakan salah satu target dari ITB STIKOM Bali utamanya Kemahasiswaan ITB STIKOM Bali, karena melalui PKM 5 Bidang nantinya akan memberi pengaruh yang luar biasa terhadap pemeringkatan di ITB STIKOM Bali. Oleh karenanya, salah satu aturan yang dikeluarkan pihak kemahasiswaan ITB STIKOM Bali adalah dengan mewajibkan Angkatan 2019 dan 2020 untuk berpartisipasi dalam pembuatan karya tulis ilmiah, salah satunya melalui PKM. Diharapkan nantinya pada 2021 terdapat PKM yang lolos hingga PIMNAS.

Kegiatan sosialisasi ini terbagi menjadi beberapa sesi diantaranya, sesi Pembawaan Materi Pengenalan PKM 5 Bidang oleh Kepala Bagian Penelitian P2M ITB STIKOM Bali, IGKG Puritan Wijaya, S.Kom., disertai pemutaran cuplikan video Pelaksanaan PIMNAS 2019, yang kemudian dilanjutkan dengan sharing session.

Sementara Kepala Pusat Penjaminan Mutu ITB STIKOM Bali, Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, S.T., M.Kom., membawakan sharing session tentang tips dan trik dalam penulisan proposal PKM yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pembicara dengan peserta yang telah mengirimkan pertanyaannya melalui live chat. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada para pembicara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (*)

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment