Denpasar/BaliNewsNetwork-Tak mau kalah, di tengah pandemi kelompok Tani Desa Pelaga beradatasi dalam hal memasarkan produk pertaniannya. Melalui program Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D), UKM Himatography ITB STIKOM Bali dengan Tema “Ketahanan dan Keamanan Pangan Pemberdayaan Masyarakat dalam Memasarkan Produk Masyarakat dalam Masa Pandemi Menggunakan Teknologi Informasi di Desa Pelaga, Kecamatan Petang”, bekerja sama dengan Kelompok Tani Green Fresh Pelaga yang diketuai oleh I Kadek Wisnu Negara kini memiliki Brand Plagro.id. Produk-produk pertanian Desa Pelaga kini bisa dipesan masyarakat dan konsumen melalui www.plagro.id juga akun-akun e-commerce Plagro.id  (Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, sayur.box, tanihub).

Ketua kelompok kegiatan PHP2D Himatography, I Gusti Agung Ngurah Indra Muliawan dengan didampingi Dosen Pembina Kegiatan IGKG Puritan Wijaya ADH, S.Kom., MMSI menuturkan kerja sama UKM Himatography ITB STIKOM Bali dengan Desa Pelaga khususnya Kelompok Tani Green Fresh Pelaga di Desa Pelaga berhasil membantu Kelompok Tani Green Fresh Pelaga bertranformasi dimasa pandemi saat ini dengan memberikan bantuan wadah pasar online serta melatih anggota-anggota Kelompok Tani Green Fresh Pelaga membuat foto-foto konten produk pertanian yang keren, pengetahuan tentang branding produk, dan juga  anggota kelompok tani bisa menguasai memasarkan menggunakan teknologi digital dan e-commerce.

Koordinator Kelompok Tani yang juga Konsultan Pertanian di Bali  I Made Surya Adiputra, SP., MP menuturkan sangat terbantu dengan adanya kegiatan seperti ini, apalagi implementasi teknologi IT dalam pertanian sangat membangkitkan generasi muda milenial untuk Bertani.

Senada dengan pernyataan tersebut Kepala Desa Pelaga Bapak I Made Sadu, S.Sos mengatakan sangat dan berterimakasih sekali dengan kegiatan PHP2D dari UKM Himatography ITB STIKOM Bali, bisa memajukan masyarakan Desa Pelaga melalui produk unggulan pertanian. Masih dalam  kesempatan yang sama dinyatakan juga Desa Pelaga di tahun-tahun berikutnya akan terus bekerjasama dengan ITB STIKOM Bali dalam memajukan Desa Pelaga Melalui kegiatan-kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Penelitian.

Pada akhirnya diharapkan Kelompok Tani Green Fresh Pelaga memiliki inovasi baru dan kesadaran bahwa tidak boleh terpuruk dengan keadaan, kita harus mulai bangkit dengan cara apapun di masa pandemi saat ini. Memperoleh sayur segar langsung dari kebun petani sangat mudah didapat melalui Plagro.id. (*)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment