Oleh:
I Made Pasek Pradnyana Wijaya
Pusat Teknologi dan Budaya
ITB STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Shibuya, salah satu distrik Tokyo yang terkenal dengan pejalan kakinya yang ramai, baru-baru ini menambahkan beberapa fasilitas umum baru yang tidak biasa, yaitu toilet umum transparan. Toilet yang didesain dan dirancang oleh Shigeru Ban Architects ini adalah bagian dari proyek inovatif yang bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat tentang toilet umum. Dua set toilet transparan tersebut dipasang di dua taman Shibuya, yaitu Taman Mini Yoyogi Fukamachi dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa.

Menurut pernyataan Tokyotoilet.jp pada website resminya, ada dua hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat saat memasuki toilet umum terutama yang terletak di taman, yang pertama adalah kebersihan dan kedua adalah apakah ada orang di dalamnya. Dengan munculnya suatu permasalah tersebut, Shigeru Ban Architects mendesain toilet transparan ini.

Satu set toilet transparan ini terdiri dari toilet pria, toilet wanita, dan toilet disabilitas. Toilet transparan rancangan pemenang Penghargaan Pritzker ini dibekali dengan kaca yang akan berubah menjadi buram ketika pintu toilet tersebut dikunci. Yang tentu saja akan memberikan tempat privasi bagi masyarakat seperti toilet pada umumnya. Sehingga sebelum menggunakan fasilitas ini, masyarakat menjadi dapat melihat kebersihan toilet dan dapat mengetahui apakah toilet tersebut sedang digunakan oleh orang lain atau tidak.

Ada hal menarik lain dari fasilitas umum ini. Ketika hari menjadi gelap, fasilitas umum ini akan menerangi taman seperti lentera yang indah yang berwarna-warni. Yang harus diperhatikan ketika menggunakan toilet ini adalah pengguna harus benar-benar mengunci toilet transparan sebagai pemicu dari berubahnya kaca transparan menjadi kaca buram.

Kedua set toilet transparan ini adalah bagian dari Proyek Toilet Tokyo yang baru diluncurkan yang didirikan oleh Nippon Foundation, sebuah badan amal swasta nirlaba yang berfokus pada inovasi sosial. Proyek ini semula seharusnya bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 yang ditunda.

Sumber:
Edition.cnn.com

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment