Bupati Flotim ‘Resmikan ‘Pengerjaan Stadion Olahraga

Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon. Foto: BNN/Dok./Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Mimpi besar Flores Timur punya Stadion Olahraga dan Pusat Olahraga itu pun kini mulai terlaksana di Kamis (13/08). Bupati Anton Hadjon menandai sebuah kisah baru di era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Agus Payong Boli.

Hadir di lokasi pembangunan Breun Sport Centre dan melakukan peletakan batu pertama pekerjaan Cut and Fill Stadion Olahraga, Bupati Anton Hadjon tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama kepada Orangtua Lewotanah Lewolere yang telah menyerahkan lahan itu kepada Pemda Flores Timur, serta mengajak Kontraktor Pelaksana (PT Arkindo) dan Konsultan Pengawas,untuk bekerja dengan baik.

Sembari bernostalgia akan realitas kecintaan warga Flotim dibidang olahraga, khususnya pada cabang olahraga Sepak Bola, Bupati Anton Hadjon dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama tersebut menegaskan, pihaknya harus memulai menjawabi harapan-harapan masyarakat dan harapan pemimpin di daerah itu yang terbawa dari waktu ke waktu,dan dari periode ke periode agar di Kabupaten Flores Timur punya sebuah Stadion Olahraga dan bahkan sebuah Pusat Olahraga.

“Memang, ini adalah harapan-harapan! Harapan dari semua warga Flores Timur, harapan dari bupati ke bupati untuk bisa membangun sebuah Stadion Olahraga di Kabupaten Flores Timur ini. Banyak sekali kendala-kendala yang sering ditemukan selama ini, yang menyebabkan ketidak berhasilan untuk memenuhi harapan itu. Dan pada saat Saya dan Pak Agus Boli terpilih dan memimpin daerah ini, dan atas Misi Pertama Daerah ini: Selamatkan Orang Muda Flores Timur, kami memiliki semangat yang lebih untuk bisa memenuhi harapan masyarakat  Flores Timur itu. Dan kita harus memulainya! Dan hari ini kita memulainya. Kita memulainya dengan tahapan pertama ini, menyiapkan dasarnya yang dalam istilah teknis Cut and Fill,” ujar Bupati Anton Hadjon sambil mengembangkan senyum khasnya.

Walau mengakui anggaran untuk pembangunan Breun Sport Centre tersebut tidak sedikit, namun  Bupati Anton Hadjon tetap optimis untuk memenuhi kerinduan masyarakat Flores Timur itu.

“Seperti laporan Pak Kadis PKO tadi, bahwa di kawasan ini akan dibangun Stadion Olahraga, GOR Tertutup, Kolam Renang dan Wisma Atlit.Dalam Perencanaannya, anggarannya tidak sedikit. Sampai selesai, total anggarannya mencapai 160 milyar. Kapan kita punya uang senilai itu? Oleh karena itu kita harus mulai dari apa yang bisa dmulai pada saat ini! Kalau kita tidak mulai saat ini, kita tidak akan miliki Stadion Olahraga dan Pusat Olahraga itu.Langkah pertama,ya kita penuhi sebuah Stadion Olahraga yang lebih baik, lebih representatif. Kalau kita menunggu,kapan baru kita bisa mulai? Dan tahapan kali ini adalah kita tahapan persiapan, tahapan pematangan lahan,(Cut and Fill) agar menghasilkan lokasi yang baik untuk kelanjutan pembangunannya,” tandas Bupati Anton Hadjon.

Kepala Dinas Pendidikan,Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Flores Timur, Bernadus Beda Keda dalam laporannya terkait gambaran Pembangunan Breun Sport Centre di acara peletakan batu pertama pengerjaan cut and fill tersebut menguraikan bahwa kawasan Pusat Olahraga Breun Sport Cetre (BSC) berada dalam lahan bersertifikat, Seluas 69.250 meter persegi .

Diatas lahan yang telah bersertifikat tersebut akan dibangun Stadion Olahraga,GOR Tertutup,Kolam Renang dan Wisma Atlit sebagaimana  Master plan BSC Flores Timur yang termuat dalam Peraturan Bupati Flores Timur Nomor 82 Tahun 2019.

Seperti apa intervensi  APBD Kabupaten Flores Timur untuk mendukung hadirnya sebuah Pusat Olahraga di kabupaten yang telah berusia 60 tahun itu?

Kadis Bernad Keda,sebagaimana pemaparannya di acara tersebut merincikan,di Tahun Anggaran 2019,t elah teralokir dan terlaksana kegiatan Pengadaan Tanah dan Sertifikat (Tanah Bersertifikat ) dengan anggaran sebesar Rp 5.000.000.000, Pembuatan Master Plan Kawasan Pusat Olahrga-BSC dengan jumlah dana Rp 400.000.000, Pembukaan dan Pembuatan Akses Jalan Masuk Kawasan BSC sebesar Rp 1.070.000.000.

Sedangkan di Tahun Anggaran 2020, APBD II Kabupaten Flores Timur sebagaimana DPA Dinas PKO Flotim lagi-lagi menyertakan anggaran untuk Jasa Perencanaan Pembangunan Stadion sebesar Rp 440.000.000, Jasa Pengawasan Pembangunan Stadion Olahraga sebesar Rp 330.000.000 serta Pembangunan Fisik Stadion Olahraga untuk pekerjaan Pematangan Lahan (Cut and Fill)  sebesar Rp 11.000.000.000.

Sementara itu terkait rencana dan tahapan pekerjaan lanjutan, Pemerintah Kabupaten Flores Timur akan berkonsentrasi pada Kajian Analisis Dampak Lingkungan Kawasan yang terestimasikan sebesar Rp 1.300.000.000, Pembangunan Fisik Stadion Olahraga dengan hitungan dana sebesar Rp 126. 750.000.000 dan Pembangunan GOR Tertutup  yang terestimasi sebesar Rp 34.760.000.000.

Berbagai upaya taktis untuk mendapatkan dukungan anggaran  Pusat pun telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Flores Timur diantaranya melakukan audiensi dengan Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga RI sembari menyerahkan proposal bantuan Pembangunan Stadion Olahraga di 3 Maret 2020  dan melanjutkan audiensi dengan Pimpinan DPR RI dan serta Komisi terkait pada 4 Maret 2020 di Senayan-Jakarta.

Pada tataran teknis Dinas PKO Flotim,barisan Bernadus Beda Keda pun telah mengusulkan melalui menu DAK (Krisna) Tahun Anggaran 2020-2021 pada Kementerian terkait. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment