Sekertaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Paulus Igo Geroda. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kabupaten Lembata akan kembali menjemput 18 warganya di Kabupaten Flores Timur hari, Jumat (29/5). Ke-18 warga tersebut  adalah  kelompok terakhir dari data warga Lembata  yang masuk dalam daftar jemputan Pemkab Lembata.

Sekertaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Paulus Igo Geroda kepada BaliNewsNetwork.com di ruang kerjanya, Kamis (28/5) mengungkapkan  telah mendapat kabar tentang rencana penjemputan sisa warga Lembata yang masuk dalam daftar jemputan oleh Pemkab Lembata itu  dari Sekda Lembata, Paskalis Ola Tabobali.

“Pagi tadi, Pak Sekda Lembata telah menyampaikan  rencana mereka untuk besok (hari ini), Jumad 29 Mei 2020 , menjemput ke-18 warga Lembata yang masih berada di sini. Ke-18 warga tersebut adalah rombongan terakhir  yang masuk dalam daftar penjemputan Pemkab Lembata. ”ujar Sekda Flotim, Paulus Igo Geroda.

Sebelumnya pada Jumad, 22 Mei 2020 ,Pemkab Lembata melalui Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata telah menjemput 20 warganya . Rombongan pada klaster pertama tersebut merupakan klaster karantina di Flotim.

Seiring dengan rencana penjemputan ke-20 warga Lembata yang terurus oleh Pemkab Flotim di tempat Karantina Hotel Fortuna-Larantuka, bermunculan pula warga Lembata lainnya yang selama ini masih tertahan di sejumlah wilayah dalam Kabupaten Flores Timur akibat penutupan akses transportasi ke wilayah Lembata. Pelaksanaan Test Rapid terhadap warga karantina asal Kabupaten Lembata sehari sebelum penjemputan tersebut pun dibludaki oleh warga Lembata lainnya.

Menghadapi situasi tersebut, Pemkab Flotim melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flotim tersebut pun melaksanakan Test Rapid terhadap semua mereka yang merindukan untuk segera kembali ke tempat domisili mereka di Lembata.Sebanyak 68 warga Lembata yang terdata dalam pelaksanaan Rapid Test itu.

Mengedepankan protokoler kesehatan sembari mempertimbangkan keterbatasan sarana karantina di Kabupaten Lembata, maka Pemkab Lembata pun lalu membijaki penjemputan warganya tersebut secara bertahap. Penjemputan tahap kedua pun terlaksana pada Selasa,26 Mei 2020 dengan jumlah s 21 orang. Jemputan pada klaster kedua itu diketahui ada beberapa warga Lembata yang menyusup masuk dalam rombongan tersebut.

Dan 18 warga yang tersisa sebagaimana daftar jemputan,akan dijemput hari ini,Jumad,29 Mei 2020. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment