Seorang Balita Asal Solor Positip DBD, Puskesmas Ritaebang Temukan 10 Balita Terindikasi DBD

Darius Sabon Ama, Kepala Puskesmas Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT. Foto: BNN/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork- Seorang  balita (2 tahun,7 bulan) asal Desa Kalelu, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT,  divonis pihak RSUD Hendrikus Fernandez positip Demam Berdarah. Setelah diinformasikan pihak RSUD tentang status pasien rujukan dari Puskesmas Ritaebang (Rabu,5/2, malam), pihak Puskesmas Ritaebang pun langsung melakukan pelacakan atau penyelidikan di desa Kalelu.

Dari hasil penyelidikan  yang terkonsentrasi pada kawasan hunian pasien yang positip DBD  tersebut, Kamis (6/2), mereka menjumpai ada 10 balita yang sedang mengalami demam-menggigil. Kuat dugaan, mengarah ke DBD.  Ke-10 balita (rentang usia 5 bulan-5 tahun ) tersebut pun langsung dievakuasi ke puskesmas Rawat Inap Ritaebang dengan menggunakan truk !

“Setelah mendapat informasi dari pihak RSUD Hendrikus Fernandez- Larantuka tadi malam, bahwa pasien yang barusan kami rujuk ke sana itu  positip DBD, maka hari ini kami melakukan pelacakan ke desa Kalelu dengan titik konsentrasi pada kawasan hunian pasien yang telah dinyatakan positip DBD itu. Ternyata kami menemukan hampir sekitar 10 balita yang sedang mengalami demam (menggigil). Setelah melakukan pemeriksaan, secara klinis, diduga kuat mereka pun mengidap DBD. Olehnya kami langsung mengevakuasi  mereka ke puskesmas untuk mendapat pemeriksaan dokter dan perawatan medis di sana. Bila  dokter merekomendasikan rujuk, maka kami rujuk ! Namun bila dokter merekomendasikan  agar dirawat di puskesmas, maka kami akan rawat di puskesmas Ritaebang.” ujar Darius Sabon Ama, Kepala Puskesmas Ritaebang .

Darius  pun mengakaui kalau dirinya  langsung membangun koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur untuk mendapatkan peralatan fogging, pasca mendapat informasi tentang status  pasien rujukan  pihaknya itu.  Menurut rencana, besok, Jumad (7/2),, bersama masyarakat di desa yang sedang di pimpin Kades Willem Ena itu, pihak puskesmas Ritaebang akan melaksanakan kegiatan fogging di desa tersebut. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment