Salah satu ruang sidang di PN Denpasar yang biasanya ramai pengunjung terlihat sepi. Foto:BNN/pro

Denpasar/BaliNewsNetwork-Jadwal cuti bersama menyambut hari Raya Natal beru akan dimulai, Selasa (24/12/2019). Namun aktivitas di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Senin (23/12/2019) sudah seperti hari libur.

Pasalnya, sejumlah agenda sidang pidana yang sedianya digelar, terpaksa ditunda. Usut punya usut, ternyata banyak hakim yang tidak masuk kantor. Pantauan di PN Denpasar, aktivitas sidang pidana hanya terpusat di satu ruang sidang saja.

Sedangkan ruang sidang lainnya kosong tanpa ada pengunjung maupun perangkat sidang lainnya. Padahal pihak Kejaksaan, baik Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar maupun Kejari Badung sudah melakukan kewajibannya dengan menjemput sejumlah tahanan.

Dua WN Thailand yang harusnya menjalani sidang dengan ganda pembacaan dakwaan harus ditunda meski sudah berada di ruang sidang. Foto:BNN/pro

Alhasil, beberapa Jaksa yang sudah datang tepat waktu di PN Denpasar terpaksa meninggalkan PN dengan wajah lesu,” Sidang ditunda karena majelis hakim tidak ada,” kata salah satu jaksa yang bertugas di Kejaksaan Tinggi Bali yang ditemui di PN Denpasar.

Padahal, Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Denpasar, Soebandi yang ditemui di PN Denpasar mengatakan bahwa PN Denpasar dalam menyambut Natal hanya libur dua hari yaitu tanggal 24 dan 25 Desember. “Kita hanya libur dua hari,” katanya singkat.

Sementara salah atau sidang yang ditunda adalah sidang kasus penyelundupan narkoba yang dilakukan oleh dua wanita warga negara Thailand.

Meski jaksa sudah membawa kedua terdakwa ke dalam ruang sidang, namun karena majelis hakim tidak lengkap, maka keduanya dikembalikan ke ruang tahanan.

“Sidang ditunda karena hakimnya tidak lengkap,” Jaksa I Made Santiawan. Masih banyak lagi agenda sidang ditunda yang tentu saja membuat jaksa gigit jari.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment