Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara saat meninjau pelaksanaan simulasi CAT di Kantor BKPSDM Kota Denpasar, Minggu (22/12/2019). Foto:BNN/ist

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sebagai upaya untuk memberikan kesempatan bagi pelamar CPNS Kota Denpasar, Pemkot Denpasar melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerjasama dengan BKN Kanreg X kembali menggelar Sumulasi Computer Assisted Test (CAT) bagi pelamar CPNS Kota Denpasar.

Kegiatan yang dilaksankan secara gratis ini mengambil tempat di Kantor BKPSDM Kota Denpasar, Minggu (22/12).

Hadir langsung meninjau pelaksanaan kegiatan Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara yang juga selaku Ketua Pansel CPNS Kota Denpasar, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alhkatab, serta seluruh anggota pansel CPNS Kota Denpasar.

Dalam arahanya, Sekda Rai Iswara menekankan bahwa pada prinsipnya seleksi CPNS di Kota Denpasat telah dilaksanakan dengan mengedepankan transparansi, keterbukaan, akuntabel dan terpercaya. Dimana, setiap orang atau pelamar memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi CPNS.

Terkait pelaksanaan simulasi, Rai Iswara memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat. Tentunya hal ini sangat baik untuk melatih dan membiasakan pelamar untuk melaksanakan test secara CAT.

Pihaknya mengatakan bahwa memang tidak dapat dipastikan model soal yang nantinya digunakan, kendati demikian dengan simulasi ini minimal pelamar mengetahui tahapan, waktu dan mekanisme yang ada.

“Tentu pada prinsipnya kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya simulasi ini sebagai upaya untuk memberikan pengalaman dan gambaran bagi pelamar tentang tes CAT ini, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam tes yang sebenarnya, terutama dalam mengatur waktu,” ujar Rai Iswara.

Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana mengatakan bahwa adapun total peserta yang mengikuti simulasi hari ini sebanyak 300 orang.

Dimana, pelaksanaan simulasi CAT ini sebagai upaya untuk memberikan kesempatan bagi pelamar CPNS untuk mencoba pelaksanaan sistem CAT. Sehingga sebelum memasuki tes yang sesungguhnya, mereka yang mendaftar telah memiliki pengalaman dan referensi.

“Adapun materi dalam simulasi ini yakni tes Seleksi Kompetensi Dasar (TKD) yang meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” ujarnya.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment