Sekda Kota Denpasar saat menerima panitia kejuaraan pencak silat DPC Kertha Wisesa. Foto:BNN/ist

Denpasar/BaliNewsNetwork-Persatuan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa DPC Denpasar menggelar kejuaraan pencak silat antar ranting PPS Kertha Wisesa DPC Kota Denpasar. Kejuaraan yang memperebutkan piala tetap Jero Den Sema Pemecutan digelar dari tanggal 27 hingga 29 Desember mendatang.

Demikian di sampaikan Ketua Panitia Kejuaraan PPS Kertha Wisesa DPC Denpasar I Made Darmawan saat audensi dengan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara di Kantor Walikota Denpasar Senin (16/12).

Lebih lanjut ia mengatakan Pencak Silat merupakan seni beladiri tradisional yang memiliki berbagai ketentuan keselarasan, keseimbangan, keserasian, antara wirasa dan wiraga. Selain itu bela diri juga membina persaudaraan yang erat antara sesama manusia dan memiliki unsur olahraga yang bermanfaat.

PPS Kertha Wisesa merupakan salah satu perguruan pencak silat asli Bali yang tersebar di seluruh Kota dan Kabupaten yang ada di Bali. Dimana, kegiatan ini bertujuan melestarikan pencak silat sebagai kebudayaan Indonesia dengan cara membina kualitas dan ketrampilan anggotanya. Tidak hanya itu PPS juga mengajarkan kerohanian yang dapat membedakan baik buruknya suatu prilaku.

Lebih lanjut dijelaskan, Pencak silat antara ranting se-Kota Denpasar untuk para pelajar, mahasiswa dan umum sekota Denpasar sebagai pencarian bibit-bibit potensial dikalangan remaja yang berasal dari setiap ranting-ranting dan dari areal ini pula terjaring pesilat-pesilat terbaik sebagai asset yang nantinya akan mewakili sekolahnya pada pekan olahraga pelajar dan kejuraan antara perguruan pencak silat se Kota Denpasar.

“Melalui kejuaraan pencak antara ranting sekota denpasar, kami berusaha melahirkan atlit-atlit pencak silat berprestasi, tangguh dan sportif untuk bangsa. Selain itu kami juga bermaksud memunculkan atlit muda yang berpotensi untuk masa depan,’’ ujarnya.

Tidak hanya itu, dengan  adanya kejuaraan pencak silat antara ranting PPS Kertha Wisesa Denpasar piala  Jero Den Sema Pemecutan tahun 2019 di Kota Denpasar ini dapat menumbuhkan semangat berolahraga agar dapat mengembangkan jiwa sportivitas dan mewujudkan rasa tanggung jawab demi kemajuan olahraga khusus pencak silat di Kota Denpasar.

“Semoga dalam kejuaraan ini melahirkan atlit-atlit juara pencak silat Kertha Wisesa, maka dari itu kami mohon doa restu bapak Walikota Denpasar, Wakil Walikota maupun Sekda Kota Denpasar,’’ harapnya.

Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara memberikan apresiasi kegiatan kejuaraan ini. Menurutnya, dengan adanya kejuaraan ini maka akan melahirkan atlit-atlit pencak silat berprestasi, tangguh dan sportif untuk bangsa. Bagi yang juara dalam kejuaraan ini maka akan bisa mewakili Kota Denpasar ketika ada kejuaraan di tingkat Provinsi maupun yang lebih tinggi lagi.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment