Para peserta Pembinaan Profesional PKG PAUD Tahun 2019 sedang mengikuti pemaparan materi dari Narasumber. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Pada Kamis 14 Nopember 2019 dan Jumad 15 Nopember 2019, Ketua  Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD  dan Operator Dapodik PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten sedaratan Flores dan Lembata mengikuti Kegiatan Pembinaan Profesional PKG  PAUD Tahun  2019  di Larantuka, Ibu Kota Kabupaten Flores Timur.

Selain mendapat tularan informasi dan pengetahuan seputar Kebijakan dan Program Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini serta Penyelenggaraan PKG PAUD, Pendataan Satuan PAUD dan Peserta Didik  (Dapodik), ke-51 peserta PKG yang berasal dari Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai Timur, Manggarai, Sikka, Flores Timur dan Lembata itu pun mendapat Bimtek Lembaga Penerima Bantuan PKG PAUD serta melaksanakan Praktek Pemutakhiran Pendataan satuan PAUD dan Peserta Didik .

Kepala Dinas Pendidikan,Kepemudaan,dan Olahraga (PKO) Kabupaten Flores Timur, Bernadus Beda Keda yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang  Pembinaan PAUD dan  Pendidikan Masyarakat, Cyprianus G.Rendra Tukan di sela-sela kegiatan tersebut di aula Hotel Gelekat Nara-Larantuka, Jumad 15 Nopember 2019 menerangkan bahwa  PKG adalah wadah koordinasi antar Gugus PAUD yang melaksanakan kegiatan pembinaan bagi 3-8 Gugus PAUD dalam area terdekat di wilayah kecamatan.

PKG PAUD Kecamatan mempunyai fungsi sebagai koordinator antara gugus, sebagai wadah pembinaan seluruh anggota gugus,bengkel kerja peningkatan kualitas layanan PAUD , dan sebagai pusat informasi terkait dengan perubahan kebijakan,pengetahuan terkini, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan PAUD.

“Bantuan PKG PAUD Tahun 2019 adalah pemberian bantuan oleh pemerintah kepada PKG PAUD. Tujuan bantuan tersebut adalah untuk meningkatnya angka satuan PAUD yang melakukan penginputan di Dapodik PAUD dan Dikmas dan memfasilitasi agar Satuan PAUD yang tidak aktif dapat kembali aktif memperbaharui data di Dapodik dan Dikmas serta memberikan dukungan dan motivasi  kepada PKG PAUD dalam membina gugus PAUD untuk meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD.Nara sumber yang hadir adalah Direktorat Pembinaan PAUD yang diwakili oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Propinsi NTT serta Operator Dapodik.Kegiatan tersebut di buka oleh Kadis PKO Kabupaten Fotim pada Kamis,14 Nopember 2019,dan akan ditutup siang ini,Jumad,15 Nopember 2019.”terang Rendra Tukan sembari menambahkan  Flores Timur kebagian 10 Bantuan PKG PAUD di TA 2019. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment