Dina Manuk (biru) traniner PT DU’Anyam Wilayah Solor sedang menularkan ilmu menganyam kepada kelompok penganyam di dusun Apelame,Desa Watanhura II, Kecamatan Solor Timur-Flores Timur, Rabu (9/10). Foto: BNN/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork-Untuk meningkatkan keterampilan warga Penganyam di desanya, Pemerintah Desa Watanhura II, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur-NTT  melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan menganyam bagi ke-21 perempuan penganyam di desa tersebut. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari, terhitung Selasa, 8 Oktober 2019 hingga Kamis 10 Oktober 2019 dengan mendatangkan trainer dari PT Du’Anyam wilayah Solor. Biaya kegiatan dibebankan oleh oleh pos dana desa Watanhura II Tahun 2019.

Koordinator Perempuan Penganyam dusun Apelame, desa Watanhura II, Halima Ahmad kepada balinewsnetwork.com disela-sela kegiatan pelatihan tersebut, Rabu 9 Oktober 2019 menerangkan bahwa kegiatan pelatihan terebut atas fasilitasi Pemdes Watanhura II. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan keterampilan warga penganyam dalam menghasilkan mutu produk anyaman.

“Untuk pertama kalinya kami mendapat sentuhan atau perhatian dari Pemdes kami. Sebelumnya kami telah dilatih oleh trainer Du’Anyam, namun kali ini Pemdes Watanhura II membackup pelatihan ini dengan dana desa, dengan mendatangkan tenaga pelatih dari Du’Anyam. Kami adalah kelompok penganyam binaan PT Du’Anyam yang kesehariannya kami menganyam secara individu. Selama tiga hari, terhitung sejak kemarin, Selasa 8 Oktober 2019 hingga Kamis 10 Oktober 2019 semua kami berkumpul di Kantor Desa ini untuk mengikuti pelatihan ini,” jelas Halima Ahmad.

Halima mengakui sejak bergabung bersama Du’Anyam dalam aktivitas menganyam tersebut mereka mendapatkan tambahan penghasilan yang sangat membantu kehidupan keluarga mereka tersebut. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment