Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST.

Adonara/BaliNewsNetwork.Com-Keterlibatan masyarakat dalam swadaya membangun bak air, lorong desa, pembanguan gereja dan masih banyak swadaya  yang sudah dikerjakan secara bersama oleh masyarakat Desa Lewobele sebagaimana yang dilaporkan Kepala Desa Lewobele, Stefanus Suban, SH, mendapat apresiasi dari Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST. Karenanya Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasinya  atas pembangunan  yang telah dikerjakan  oleh masyarakat setempat dengan cara swadaya.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Lewobele karena begitu besarnya swadaya yang telah diberikan  untuk menjawabi berbagai persoalan pembangunan yang ada di desa ini,” kata Bupati Anton Hadjon.

Kehadiran Bupati Anton Hadjon di Desa Lewobele itu didampingi Kadis PMD, Rufus Koda Teluma, S.Sos, Kepala Bagian Humas, Herry Lamawuran, S.Sos, Kepala Bagian Umum, Serfulus Demoor, S.Hut dan Kepala Bagian Hukum, Yordan Daton, SH, dimaksudkan untuk meresmikan Bak air di Dusun Lewopulo, Sabtu, 28 September 2019.

Kepala Desa dalam membangun, jika  tidak melibatkan masyarakat desa atau sebaliknya masyarakat desa tidak melibatkan diri dalam usaha gotong-royong untuk menyelesaikan pembangunan di desa, maka menurutnya sampai kapanpun pembangunan di lewotana tidak akan selesai. “Saya juga menyadari bahwa saya tidak bisa bangun kabupaten ini hanya mengandalkan uang yang ada di kabupaten, sehingga saya harus mampu memanfaatkan dan menggunakan berbagai sumber daya yang ada untuk membangun Kabupaten Flores Timur, ujar Bupati Anton Hadjon.

Demikian halnya para Kepala Desa tidak bisa hanya mengandalkan dana desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat  untuk menyelesaikan persoalan pembangunan yang ada di desa. Selain ada uang dari pemerintah pusat, propinsi, kabupaten dan juga dana dari pemerintah desa, tetapi juga masih dirasakan kurang karena itu dibutuhkan swadaya dan gotong-royong dari seluruh mayarakat.

“Sekarang Bapa Desa mulai rasa bahwa dana 700 juta itu tidak cukup untuk menyelesaikan persoalan pembangunan yang ada di desa, juga di kabupaten, propinsi dan pusat, sehingga banyak sekali program-program atau apa saja yang kita bangun, kita tidak bisa berjalan sendiri, harus jalan bersama-sama”, ujar Bupati Anton Hdjon.

Dikatakan,  Visi Pemerintah Kabupaten Flores Timur  adalah Flores Timur Sejahtera dalam Bingkai Desa Membangun Kota Menata. Visi ini harus diketahui oleh semua masyarakat Flores Timur, karena  menurutnya, desa membangun kota menata, tidak sekedar kita membangun desa dan menata kota, tetapi lebih dari itu, mau mengajak seluruh masyarakat,  turut serta membangun Flores Timur dalam  mempercepat pencapaian Flores Timur yang sejahtera.

“Saya mengajak seluruh masyarakat  Flores Timur dimanapun berada, pada tingkat dan staus sosial apa saja untuk boleh memberi yang terbaik dari dirinya atau mepersembahkan yang terbaik  untuk mempercepat pencapaian Flores Timur yang sejahtera itu,” ujarnya.

Sejak dilantik pada bulan mei tahun 2017, Pemerintah Daerah telah  mengeluarkant beberapa Peraturan Bupati yang menginstruksikan Para Kepala Desa untuk berkontribusi menyelesaikan sejumlah masalah besar di Flores Timur. Sebagai implemntasi dari Peraturan Bupati itu, menurutnya para Kepala Desa telah mengambil alih pembayaran honor kepada  kurang lebih ratusan tenaga kesehatan dan tenaga guru kontrak dengan menggunakan dana desa.

Dengan adanya Peraturan Bupati itu, kata Bupati Anton Hadjon, persoalan honor tenaga kesehatan sebanyak 600 orang yang menjadi beban Pemerintah Kabupaten Flores Timur itu, telah ambil alih pembayarannya oleh Kepala Desa sebanyak 400 orang yang besarnya sesuai standar UMR  dan sisa sebanyak 200 orang ditangani pihak Puskesmas dan Pustu. Demikian juga tenaga guru TK/Paud sekitar 300 orang telah dibiayai pula dengan dana desa.

“Ini adalah bagian dari desa membangun kota menata, yakni mengajak semua pihak untuk bersama-sama mempercepat pencapaian Flores Timur yang sejahtera itu,” ata Bupati Anton Hadjon. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment