Kades Lamawalang, Solor Barat, Aleksius L. Belang (kiri) menyalami Bupati Flotim Anton Gege Hadjon. Saat bupati meresmikan STBM di desa itu, Senin (02/09/2019). Foto: BNN/IST

Solor/BaliNewsNetwork-Bupati Flores Timur (Flotim) Antonius H. Gege Hadjon menyambut baik dan memberikan apresiasinya kepada Kepala Desa Lamawalang Aleksius L. Belang yang telah menggarkan dana untuk pembangun jamban keluarga bagi warga Desa Lamawalang melalui APBDes Tahun Anggaran 2019 . Hal ini bertujuan untuk percepatan pencapaian Desa Lamawalang sebagai salah satu Desa STBM di Kecamatan Solor Barat. Bupati Anton Hadjon mengatakan hal itu pada acara deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Lamawalang Kecamatan Solor Barat, Senin 2 Sepember 2019.

“Untuk satu ini kita boleh tepuk tangan untuk bapa desanya. Tentu apa yang dibuat oleh Bapa Desa ini didukung kuat oleh seluruh jajarannya beserta ketua dan anggota BPD Desa Lamawalang,” ujar Bupati Anton Hadjon yang disambut tepuk tangan meriah dari warga yang hadir.

Bupati juga berharap Kepala Desa Lamawalanng dapat melakukan intervensi anggaran melalui dana desa untuk pembangunan dan rehabilitasi perumahan warga, terutama rumah warga desa yang belum layak huni serta penataan lorong desa.

“Apalagi desa ini wilayahnya kecil,” cetusnya.

Desa Lamawalang merupakan desa ketiga yang telah bestatus Desa STBM dari 15 Desa di Kecamatan Solor Barat. Desa ini memiliki tiga orang Sanitarian yang kehadirannya sangat membantu masyarakat terutama mengubah perilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat. Pekerjaan seorang Sanitarian memang tidak mudah. Hal ini butuh proses untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan serta mengidentifikasi persoalan di desa. Masyarakat perlu diberitahukan mengenai lima pilar STBM, agar mereka memahami dan mau mengubah perilaku hidup sehat.

Bupati Anton Hadjon juga berharap Kepala Pukesmas Rita Ebang bersama para sanitarian untuk terus mensosialisasikan pola hidup sehat bagi masyarakat di Kecamatan Solor Barat. Dengan demikian ke depan tidak hanya tiga desa saja yang berstatus STBM, tetapi bisa menjangkau semua desa di Kecamatan Solor Barat. Ia juga mengapresiasi keterlibatan Ketua TP PKK Desa Lamawohong yang ikut membantu para Sanitarian dalam memberikan pemahaman kepada warga untuk selalu hidup sehat.

“Saya menyampaikan hormat saya kepada para Kepala Desa lain yang berkesempatan hadir, ada Kepala Desa Tite Hena, Kepala Desa Kalelu dan Ketua BPD Bala Weling II,” ujar Bupati Anton Hadjon.

Hadir pada kesempatan itu Kabag Humas Setda Flotim  Heronimus Lamawuran, S.Sos; Camat Solor Barat Drs. Adrianus K. Herin, MM; Kepala Puskesmas, Para Medis dan Sanitarian serta Para Kepala Desa se- Kecamatan Solor Barat. (adv)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment