Sekertaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Dr. Ir. Pribudiarta Nur Sitepu, MM dan Ketua Komisi VIII DPR RI saat kunjungan kerja di desa Watobuku, Lamakera, Flores Timur – NTT,  Selasa (27/08/2019). Foto: BNN/Emnir.

Solor/BaliNewsNetworkKetua Komisi VIII DPR RI Dr. Muhammad Ali Taher Parasong, SH., M.Hum bersama Sekertaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Dr. Ir. Pribudiarta Nur Sitepu, MM  pada Selasa, 27 Agustus 2019 melakukan kunjungan kerja ke Flores Timur, tepatnya di kampung Lamakera, Desa Watobuku, Kecamatan Solor Timur-NTT. Lawatan kedua petinggi negara itu membawa serta oleh-oleh bagi Flores Timur. Kabupaten yang sedang sedang dipimpin Bupati Anton Hadjon dan Agustinus Payong Boli tersebut dijadikan sebagai pilot project Kabupaten Layak Anak dan Kabupaten Ramah Perempuan di Provinsi NTT.

Meneriakan yel-yel dengan penuh semangat, begitulah  Ali Taher Parassong, menyalurkan kegembiraan kepada ratusan anak-anak Lamakera yang memadati  halaman Mesjid Al-Ijtihaj. Siapa kita…?  Lamakera….! Lamakera…? Sehat, Cerdas, Ceriah…! NKRI..? Harga Mati ! Ali Taher…? OK Punya…! Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak …? Yes.. Yes… Yes…!, demikianlah pekikkan bersahutan  atas komando Ali Taher, membakar semangat dan menghidupkan kegembiraan ratusan anak Lamakera yang memadati acara Pentas Ceria Anak-Anak Lamakera : Membentuk Anak Indonesia yang Unggul.

Memulainya dengan menghidupkan kebanggaan anak-anak Lamakera untuk senantiasa berbangga sebagai pribadi yang terlahir dari rahim kampung peradaban Lamakera, warga cilik Lamakera tersebut diharapkannya untuk senantiasa bergembira menikmati masa pertumbuhan dan perkembangan diri mereka sebagai pribadi yang beriman, sehat, cerdas, ceriah serta berbudaya tanpa ada rasa takut sebab negara hadir nyata dan melindungi kehidupan anak-anak Indonesia.

Ruang UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak pun ‘ditumpahkannya’ kepada anak-anak Lamakera  dan warga Desa Watobuku yang hadir pada acara itu melalui  kemasan permaianan hasil racikan Abbah Ali Taher.

“Saya bersyukur mendapat karunia dari Tuhan untuk mengabdikan diri pada rakyat lewat jalur parlemen dan dipercayakan memimpin Komisi VIII RI saat ini. Sebagai anak tanah Flores Timur-Lamakera, saya selalu pulang kampung, berbakti pada Lewotanah Flores Timur dan kampung halaman saya Lamakera. Bersama Kementerian mitra kerja Komisi VIII, saya terus berupaya mendorong program–program baik program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, maupun pembangunan infrastruktur (fisik) masuk ke Flores Timur,” ujar Muhammad Ali Taher Parasong yang selalu berbangga akan realitas peradaban di kampungnya itu.

Kunjungan kerjanya bersama Kementerian PPPA RI  kali ini ke Flores Timur bertujuan untuk mendorong kabupaten yang sedang di pimpin Bupati Anton Hadjon dan Wakil Bupati Agus Payong Boli tersebut  ditetapkan sebagai kabupaten percontohan Kabupaten layak Anak dan Kabupaten Ramah Perempuan di NTT.

Bagi Ketua Komisi VIII DPR RI tersebut, masa depan bangsa Indonesia sangat tergantung pada generasi muda dalam proses tumbuh kembangnya. Oleh karena itu pembinaan atau aksi edukatif harus secara rutin ditularkan kepada mereka sejak dini melalui pendekatan agama, budaya dan pendidikan. Seberapapun  besarnya anggaran yang disiapkan pemerintah, namun bila tidak fokus pada pengembangan SDM melalui tiga pendekatan itu, menurut Ali Taher, tetap menghasilkan kepincangan dan kehilangan manfaat.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan strategi pembinaan, pengembangan sumber daya manusia  harus rutin diberikan kepada anak-anak Indonesia termasuk anak-anak di Flores Timur harus selalu diberikan melalui keteladanan, memberikan harapan-harapan, memberikan pengayoman, memberikan pembinaan. Semuanya itu adalah peradaban. Dan Peradaban yang paling terukur itu melalui pendidikan. Bila semuanya dilaksanakan secara baik dan benar, maka dirinya optimis akan menghasilkan generasi  penerus bangsa yang berkualitas. (Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment