Gubernut NTT Viktor Laiskodat memasukan buah kelapa ke dalam penggilingan untuk diolah menjadi minyak kelapa. Foto: BNN/IST

Larantuka/BaliNewsNetwork.Com-Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, mengatakan, potensi kelapa di Kabupaten Flores Timur menjadi primadona masa depan yang akan terus dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat di Provinsi NTT.

Hal Ini dikatakan Gubernur Viktor Saat mengunjungi Rumah Produksi Virgin Coconut Oil (VCO) milik Keuskupan Larantuka, di Desa Waiwadan, Kecamatan Adonara Barat, Senin 12 Agustus 2019.

Gubernur Viktor, mengajak masyarakat setempat untuk serius menanam dan mengembangkan kelapa.
Karena menurutnya, dengan menanam kelapa akan menyerap habis lemak-lemak tanah dan kelapa adalah tanaman ramah lingkungan. “Tanamlah kelapa sebanyak-banyaknya karena kelapa akan menjadi primadona dunia,” kata mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR RI ini.

Sementara itu Romo Yansen Raring, dalam laporannya mengatakan, lahan pembangunan rumah produksi VCO ini seluas satu hektar. Sedangkan mesin pengolah kelapa sampai menjadi minyak VCO, kata Romo Yansen, didatangkan dari Tiongkok.

“Sejak berproduksi Agustus 2018 sampai dengan Juli 2019 kami telah menghasilkan lebih kurang 14 ton dan sampai saat ini yang jadi masalah adalah pemasaran,” kata Romo Yansen. Romo Yansen mengharapkan Gubernur NTT dapat membantu pemasarannya produk ini.

Selanjutnya Gubernur Viktor juga meminta kepada masyarakat di sekitar rumah produksi VCO tetap semangat untuk memelihara kelapa. “Saya akan ajak investor ke sini dan untuk yang sudah ada 14 ton hari ini juga kita akan beli. Terserah nanti saya akan salurkan ke mana berapa pun nanti hasil VCO ini kita akan beli, tapi kita harus cek lagi kadar air dan sebagainya. Mudah-mudahan dengan adanya rumah produksi VCO ini dapat meningkatkan perekonomian rakyat di sini untk mewujudkan mimpi kita NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera dalam Bingkai NKRI, ujar Gubernur Viktor.

Kepada Uskup Larantuka, Mgr. Frans Kopong Kung, dan Romo Yansen Raring, Gubernur Viktor mengucapkan terima kasih yang telah bekerja lebih cepat. “Bapa Uskup dan Romo Yansen telah membantu mewujudkan mimpi-mimpi saya dengan bekerja lebih cepat. Semoga momentum hari ini kita maknai dengan baik,” katanya.

Ikut hadir pada kesempatan itu Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon. ST; Kadis PUPR Provinsi NTT; Kadis Perindag Provinsi NTT, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT,
Camat Adonara Barat dan Kepala Desa Waiwadan. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment