Wabup Agus Boli ikut menari Hedung bersama warga saat menghadiri ceremoni  Geleten Pelumut  Gong Gendang di Desa Lamabunga, Kecamatan Keluba Golit, Sabtu (27/07/2019). Foto: BNN/IST

Larantuka/BaliNewsNetwork.Com-Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH menghadiri ceremoni adat geleten pelumut atau pendinginan alat musik tradisional gong gendang milik Suku Bahan di Dusun Wuhung, Desa Lamabunga, Kecamatan Keluba Golit, Sabtu, 27 Juli 2019. Acara ini dihadiri oleh pemuka adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, para Kepala Desa dan masyarakat Desa Lamabunga.

Tokoh adat setempat Burhan Wulan, pada acara pengresmian menjelaskan, ceremoni didahului dengan geleten pelumut (pendinginan) berupa pemotongan hewan kurban yakni seekor ayam jantan, yang selanjutnya darah ayam tersebut dioleskan pada gong gendang oleh seorang ata mua yang dalam garis keturunan diyakini memiliki kuasa dari lera wulan yang mempunyai kewenangan untuk itu.  Acara ceremoni dimaksudkan agar gong gendang dapat dimanfaatkan dan dirawat oleh masyarakat setempat dengan baik serta terhindar dari segala kerusakan.

Dalam sambutannya, Wabup Agus Boli menilai ceremoni ini sungguh memberikan makna dan nilai filosofi yang tinggi bagi masyarakat Desa Lamabunga. Karena dirinya meyakini alat musik tradisional gong gendang memiliki nilai kesakralan yang tinggi yakni dapat memanggil arwah, mengusir roh jahat dan sekaligus menjadi pelindung lewo (kampung/desa) dari gangguan apapun.

Karena itu menjadi tidak heran, kata Wabup Agus Boli, gong gendang ini dibunyikan hanya pada saat tertentu, seperti pemugaran rumah adat,  lango bele dan koke bale, mengiringi tarian adat sole oha dan hedung pada acara pinangan atau menyambut tamu-tamu terhormat. Juga diyakini dapat mengusir wabah penyakit ketika gong gendang ini dibunyikan.

“Ceremoni ini sudah menjadi tradisi dan warisan para leluhur yang sudah berlangsung puluhan tahun dan terus dipertahankan oleh warga setempat,” ujar Wabup Agus Boli. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment