Wabup Flotim Agustinus Payong Boli menyalami seorang calon jemaah haji. Foto: BNN/IST

Larantuka/BaliNewsNetwork.Com-Wakil Bupati Flores Timur (Flotim) Agustinus Payong Boli, SH mengatakan secara theologi kita semua ketahui bahwa ibadah haji adalah tiang pancang utama dari Lima Rukun Islam. Wabup Agus Boli mengatakan hal itu saat membuka kegiatan manasik haji bagi calon jemaah musim haji 1410 H/2019 M bertempat di Aula Setda Flores Timur, Selasa (9 Jjuli 2019).

Hadir pada acara pembukaan itu, Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur Yoseph Sani Bethan, ST: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, para anggota Forkopimda, para Imam Masjid, tokoh agama dan tokoh Masyarakat serta 40 orang calon jemaah haji asal Flores Timur.

Menurut Wabup Agus Boli, ibadah haji sendiri memiliki makna mengangkat harkat dan martabat manusia yang sama di hadapan Allah yakni ketika nanti semua jemaah sudah mejadi haji dan mengenakan pakaian putih.

“Karena itu secara falsafah, kita percaya bahwa dengan memperoleh kesempatan berahmat pergi ke tanah suci adalah satu kesempatan yang diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Untuk kita boleh memiliki kemampuan material, kesehatan juga kemampuan-kemampuan keagamaan lainya yang nanti diperdalam dalam manasik haji,” kata Wabup Agus Boli.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Flores Timur sungguh mendukung kegiatan ini dan ini menjadi kewajiban pemerintah dari tahun ke tahun. Pemerintah terlibat penuh dalam peristiwa-peristiwa keagamaan. Apakah di Katolik, Protestan, Islam, Hindu, Budha dan keyakinan-keyakinan lain. Karena dasar pandangan pemerintah adalah bahwa membangun bangsa dan negara khusunya membangun daerah ini, bukan satu-satunya menjadi tanggungjawab pemerintah semata, tapi tugas membangun bangsa dan negara ini terutama lewo tana tercinta Flores Timur adalah tanggungjawab kita semua.

“Pemerintah sebagai Goverment Organization, ada juga yang berkarya di luar pemerintah atau Non Goverment Organization, serta ada juga Civil Society dan sektor-sektor swasta lainnya, yang sama-sama kita bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk membangun bangsa dan negara ini. Termasuk komponen-komponen agama.,” jelas Wabup Agus Boli

“Karena itu pemerintah juga mendoakan semoga para calon haji selalu sehat dalam perjalanan dan sampai ke tanah suci melakukan ritual haji dengan sebaik-baiknya, sampai pulang ke lewotana dalam keadaan sehat walafiat.  Inilah harapan-harapan yang dititipkan kepada ibu bapa sekalian nanti juga jangan lupa doakan pemerintah dan daerah kita tercinta Kabupaten Flores Timur, semoga dari waktu ke waktu kita terus berbenah untuk membangun daerah dan lewo tana ini menuju ke arah yang lebih baik. Jangan lupa pula doakan kami di daerah ini sebagai pemimpin Pak Bupati Anton Hadjon dan aaya Agustinus Payong Boli sebagai Wakil Bupati agar diberi karunia untuk membangun daerah ini secara baik, jauh dari malapetaka-malapetaka dan mengakhiri jabatan dengan baik pula sebagai bentuk perwujudan pengabdian kepada masyarakat dan memuliakan nama Allah Yang Maha Besar,” kata Wabup Agus Boli.

Wabup Agus Boli menyampaikan selamat kepada para calon haji untuk mengikuti kegiatan munasik haji ini dengan baik supaya memperoleh pengetahuan yang cukup untuk bisa mengikuti di sana dengan sempurna.

“Tidak saja menyangkut masalah-masalah teknis theologi tapi juga kehidupan sosial di sana juga perlu diingatkan dan diberi tahu agar tidak nyasar di sana; bagaimana tata krama, bersikap sesuai adat budaya setempat itu. Saya kira wajib hukumnya karena kita orang Lamaholot selalu menyebut hungen baat tonga blolo di manapun tanah kita pijak di situ leluhur dan tata cara kehidupanya wakib kita junjung tinggi,” ungkap Wabup Agus Boli. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment