Bupati Flotim Anton Hadjon melakukan panen perdana ikan bandeng di Desa Sinamalaka. Kecamatan Tanjung Bunga, Jumat (05/07/2019).

Larantuka/BaliNewsNetwork-Bupati Flores Timur (Flotim) Antonius H. Gege Hadjon ST. melakukan panen perdana ikan bandeng di Desa Sinamalaka, Kecamatan Tanjung Bunga, Jumat (5 Juli 2019). Ikut serta dalam acara panen perdana itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Flores Timur  Ny. Lusia Hadjon, Ketua Pengadilan Negri Larantuka Rightmen M.S Situmorang, SH., MH; Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Flores Timur Asbach, SH; pejabat yang mewakili Dandim 1624 Flores Timur; pimpinan OPD Lingkup Pemkab Flotim, Camat Tanjung Bunga, Kepala Desa Sinamalaka, ketua dan anggota kelompok nelayan “Breun Snaren” serta masyarakat Desa Sinamalaka.

Bupati Anton Hadjon mengatakan, sebagai implementasi dari Visi “Selamatkan Oran Muda”, Pemerintah Kabupaten Flores Timur pada tahun 2018 telah menganggarkan dana hibah sebesar  Rp 6 miliar untuk mendukung dan memastikan kegiatan program orang muda khususnya bagi usahawan muda di Kabupaten Flores Timur dalam meningkatkan usahanya.

Dana yang dikucurkan untuk bantuan modal usaha sudah diberikan kepada sebanyak 300 orang usahawan muda. Dari jumlah yang ada, hanya 3 orang yang mengajukan permohan usahanya untuk budidaya perikanan. Dua di antaranya berada di Desa Sinamalaka dan satu orang dari Desa Kawalelo. Di Desa Sinamalaka sendiri, selain usaha tambak ikan bandeng, ada juga yang berusaha di bidang tambak udang. Sedangkan di Desa Kawalelo  dikembangkan budidaya ikan kerapu.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan panen perdana ikan kerapu sebanyak kurang lebih 500 ekor,” kata Bupati Anton Hadjon.

Menurutnya, di Desa Sinamalaka ini di tahun 2019, perhatian pemerintah memang cukup besar. Ada beberapa orang muda dari desa ini yang mendapat bantuan permodalan untuk usahawan muda.

“Saya cek ada usaha puyuh. Usaha puyuh di sini berhasil baik, karena menajadi pemasok bagi pedagang di Larantuka dan kebutuhan di rumah sakit,” katanya sambil menyebut usaha lain di desa Sinamalaka adalah beternak babi dan sapi.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Flores Timur juga melakukan kegiatan penjarangan mente sebanyak 30 hektar lahan petani di desa ini. Tahun ini akan dilanjukan kegiatan yang sama untuk lahan seluas 15 hektar. Perhatian pemerintah terhadap lahan petani mente di desa ini sudah sangat maksimal, karenanya dengan contoh yang sudah ada, Ia berharap Kepala Desa, BPD dan masyarakat setempat dapat secara mandiri untuk melanjutkan usaha penjarangan ini ke depan.

Dikatakan, hasil tangkapan para nelayan di Kecamatan Tanjung Bunga semakin meningkat dari tahun ke tahun dan budidaya ikan tambak mulai dikembangkan oleh petani tambak di wilayah ini, Bupati Anton Hadjon berharap adanya media yang dapat menapung semua hasil tangkapan para nelayan setempat ini untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Karenanya Ia mengingatkan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Flores Timur Ir. Erna da Silva untuk mencari solusi dengan menghadirkan pabrik es mini di kecamatan ini.

Sementara itu melihat potensi wilayah pantai Riangkoli, Desa Sinamalaka yang panjangnya kurang lebih 3 km dan lebar sekitar 200 meter berpotensi untuk dikembangkan usaha perikan maupun usaha tambak garam. Ia berharap masyarakat juga dapat memanfaatkan lahan itu untuk usaha tambak garam.

“Tadi Kepala Desa mengatakan desanya itu punya panjang pantai sampai 3 kilometer, silakan kembangkan garam di sini untuk menjawabi berbagai kebutuhan,” ucap Bupati Anton.

“Kampanye saya setiap kali saya turun kemasyarakat adalah marilah kita memenuhi kebutuhan kita dengan apa yang kita miliki, sehingga saya selalu mengajak, mari kita mulai memuliakan apa yang kita miliki,” ajak Bupati Anton Hadjon.

Acara panen perdana ini ditandai dengan pengambilan ikan menggi=unakan alat serok ikan bandeng di atas lahan tambak seluas kurang lebih 3.000 M2 oleh Bupati Anton Hadjon disaksikan oleh para undangan yang hadir serta masyarakat Desa Sinamalaka.  (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment