Wabup Flotim Agustinus Payong Boli mengunjungi tim Perseftim Flores Timur di penginapannya di Betun, Malaka, Kamis (04/07/2019). Foto BNN/IST

Malaka/BaliNewsNetworkSebagai wujud komitmen dukungan Pemda Flores Timur (Flotim) dan seluruh masayarakat Flotim kepada tim Perseftim Flores Timur dalam laga El Tari Memorial Cup (ETMC) Liga III tahun 2019 di Betun, Kabupaten Malaka, maka Wakil Bupati Flores Timur Agustinus P. Boli, SH  setelah menghadiri ceremonial pembukaan ETMC bersama gubernur, wakil gubernur dan para pupati, walikota/wakil wali kota se-NTT, langsung mengunjungi pengurus Perseftim bersama seluruh pemain di tempat penginapan di Desa Bakiruk, tepatnya di SDK Umasakaer, Kamis (04/07/2019).

Wabup Agus Boli, hadir mengunjungi Perseftim di dampingi tokoh masyarakat Flotim di Malaka Aloysius Payong yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan Kabupaten Malaka  dan bersama Kepala Desa Bakiruk.

Wabup Agus Boli saat itu memberi arahan dan motivasi dipandu oleh Yapi Harapan dari Askab Flotim selama 30 menit. Mengawali arahannya, Wabup Agus Boli terdahalu mengajak para pemain dan manager Perseftim untuk bertepuk tangan menciptakan suasana ceria sebagai simbol kekompakan tim dan saling menguatkan. Ia juga menanyakan permasalahan yang dihadapi para pemain selama berada di penginapan, teutama menu makanan, kondisi kesehatan dan masalah lain yang bisa saja mengganggu mental para pemain selama bertanding nanti.

“Apakah sebelum ke sini semua sudah periksa kesehatan,” tanya Wabup Agus Boli dan serentak dijawab para pemain bahwa sejak tiba di penginapan, mereka belum melakukan periksa kesehatan.

Mendengar jawaban itu Wabup Agus Boli langsung memfasilitasi dengan menghadirkan dokter di Malaka untuk memeriksa kesehatan seluruh tim Perseftim dan pada Sabtu 6 Juli 2019 pagi, tim diperiksa oleh dokter ahli dan semua dinyatakan sehat. Wabup Agus Boli kemudian menunjuk dokter tersebut untuk mendampingi para pemain selama event ETMC berlangsung.

Selain itu, Wabup Agus Boli juga memeriksa kondisi penginapan, kamar tidur, dapur serta ketersediaan air dan makanan bagi para pemain dan tim manager. Menurutnya, semua dalam kondisi baik. Demikian pula bantuan keuangan Pemda Flotim melalui KONI selalu siaga untuk Perseftim.

Dalam memotivasi para pemain dan tim manajer, Wabup Agus Boli menjanjikan bonus berupa uang bagi pemain yang mencetak gol yang diambil dari gajinya sendiri pada bulan Juli ini.

“Saya kunjung ke sini untuk beri dukungan moril maupun materil dan memastikan semua baik adanya dan siap bertanding. Saya berharap bertandinglah dengan penuh tanggung jawab serta sportivitas dan daya juang yang tinggi dan tim work yang kuat untuk mencapai kemenangan Perseftim demi mengangkat harkat dan martabat Flotim,” katanya.

Ia juga berpesan agar selalu menjaga sikap toleran dan hormat pada semua orang serta menjaga tutur kata yang baik karena hakikat pertandingan adalah memupuk persaudaraan antar klub dan menjadikannya sebagai pengalaman yang berharga sebagai tuan rumah ETMC tahun 2019 di Larantuka.

Wabup Agus Boli juga memfasilitasi pengurus Perseftim untuk bersilahturahmi ke rumah kepala adat di Malaka dengan sejumlah syarat adat sebagai bentuk pengormatan kepada para leluhur di tanah Malaka. Hal ini dimaksudkan agar tim Perseftim selalu mendapat perlindungan selama berada di sana. Ini, menurutnya, sejalan dengan tradisi lamaholot “hungen baat, tonga belolo” atau menjunjung tinggi  adat dan leluhur di manapun kita berada.

“Saya sudah dua kali datang langsung ke lokasi pertandingan Perseftim di laga ETMC yakni di Kabupaten Ende pada tahun 2017 dan tahun ini di Kabupaten Malaka menemukan banyak keluhan akan hal-hal kecil harian tapi sangat berpengaruh pada psykologi pemain di lapangan,” kata Wabup Agus Boli.

Berdasarkan pengalamannya di Ende, kungunjungan ke tim Perseftim di Malaka dimaksudkan untuk mengcek langsung satu per satu permasalahan yang dihadapi oleh tim Perseftim, seperti kondisi penginapan, tempat tidur, ketersediaan air dan makanan serta hubungan dengan masyarakat adat setempat dan paling penting menurutnya adalah kesehatan karena semua masyarakat Flores Timur berharap sekembalinya dari Malaka, tim Perseftim  dalam keadaan sehat. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment