Kepala Sub Divre Perum Bulog,Larantuka-Flores Timur,Piter Dehaan. Foto:BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Persediaan beras pada gudang Perum Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Larantuka,Flores Timur menjelang perayaan Idulfitri masih sangat aman.Untuk posisi kini,masih ada 1.200 ton, dan akan ada pasokan lagi di akhir Mei 2019 sebanyak 1000 ton.Penmabahan tersebut bakal mencukupi kebutuhan warga Flotim akan beras hingga bulan Oktober 2019.

Dari stok 1000 ton beras tersebut,pihak Perum Bulog Sub Divre Larantuka berencana akan mengeluarkan sekitar 200-300 ton dalam gelar Operasi Pasar Murah selama pelaksanaan bulan Ramadan hingga perayaan Idulfitri nantinya.

“Untuk beras,stok kita sangat aman.Kami sedang membangun koordinasi dengan pihak Pemda dan pihak lainnya untuk pelaksanaan Operasi Pasar Murah  (OPM) selama pelaksanaan bulan Ramadan dan menyambut perayaan Idulfitri. Selain beras, ada juga minyak goreng,gula,terigu,bawang merah dan bawang putih serta telur ayam,dengan harga jual dibawa harga pasar,” jelas Kepala Sub Divre Perum Bulog Larantuka, Piter Dehaan ketika dikonfirmasi BaliNewsnetwork.com diruang kerjanya, Rabu, 8 Mei 2019.

Piter Dehaan yang dikonfirmasi terkait ketersediaan sembako pada gudang Perum Bulog  Sub Divre Larantuka tersebut lebih lanjut menjelaskan,pihaknya berencana akan menggelar OPM pada halaman mesjid yang ada di kota Larantuka,halaman Polres Flotim,dan halaman Kantor Bupati Flotim.

Untuk OPM,beras akan dijual dengan harga Rp 9000/kg. Minyak goreng dengan ketersediaan 4000 liter,akan dipasarkan dengan harga Rp 12.500/liter. Sedangkan gula pasir yang berstok 15 ton,dijual  dengan harga Rp.12.500/kg,dan terigu  yang kini ada 2 ton,dijual dengan harga Rp. 9000/kg.

Sementara itu, untuk bawang putih,Kepala Perum Bulog Sub Divre Larantuka itu mengakui mengalami kelonjakan harga yang luar biasa di pasar (Rp.60.000-70.000/kg), sehingga pihaknya sembari menanti pasokan 300 kg bawang putih dari permintaan 600 kg,akan menjualnya dengan harga pada kisaran Rp 50.000-60.000/kg.

“Bawang merah yang masih stabil harganya.Harga pasar masih pada kisaran Rp 30.000/kg dan kami akan menjualnya dengan harga Rp 28.000/kg.Demikian pun telur ayam.Untuk sementara stok telur ayam sedang kosong.Kami sedang mengupayakannya, dan akan menjualnya dengan harga Rp 50.000/papan,” urai Piter sembari menambakan secara mobile, pihaknya tetap berkeliling melaksanakan OPM. Selain secara mobile,aktivitas penjualan sembako murah pun dilaksanakan di Kantor perum Bulog Sub Divre Larantuka di setiap jam kerja. (Emnir)

 

Editor :Rahman Sabonn Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment