Terdakwa didampingi kuasa hukumnya usai mendengarkan putusan dari Hakim I Made Pasek. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Pria pengangguran kelahiran Denpasar bernama Johan Hermato hanya bisa tertuntuk lesu saat mengetahui dirinya divonis lima tahun penjara dalam sidang, Kamis (28/3/2019).

Majelis hakim pimpinan I Made Pasek dalam amar putusnya yang dibacakan dihadapan terdakwa dan juga Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 ayat (1) UU Narkotika.

Yaitu terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I sebarat 0,49 gram.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah tanpa hak atau melawan hukum menjadi kurir dalam jual narkoba. Menunghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama lima tahun, denda Rp. 1 miliar subsider dua bulan penjara.”kata Hakim Made Pasek.

Atas putusan itu, terdakwa usai berdiskusi dengan kuasa hukumnya langsung menyatakan menerima. Sedangka JPU I Made Lovi Pusnawan yang sebelum menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama enam tahun menyatakan pikir-pikir.

Diberitakan sebelumnya, terdakwa ditangkap polisi pada tanggal 9 Agustus 2018 sekitar pukul 01.00 Wita di pinggir Jalan Pulau Batanta, Denpasar. Diketahui, lima hari sebelum ditangkap, terdaka membali sabu melalui M. Lutfi (terdakwa dalam berkas terpisah) seharga Ro. 1,5 juta.

Setelah mendapatkan sabu yang dipesan, terdakwa lalu memecah sabu itu menjadi lima plastik klip. Beberapa hari kemudian ada orang yang berbana Yanto menghubungi terdakwa dengan maksud untuk membeli sabu.

Yanto membeli dua paket sabu milik terdakwa. Kemudian pada tanggal 9 Agustus 2018 terdakwa dihubungi oleh orang yang bernama Made Sugita untuk membeli sabu. Keduanya pun akhirnya menyepakati untuk bertemu di pinggil Jalan Pulau Batanta.

Namun sebelum terdakwa bertemu dengan Made Sugita, terdakwa lebih dahulu ditangkap oleh petugas dari Polresta Denpasar. Dari tangan terdakwa petugas hanya mengamankan dua paket sabu dengan berat masing-masing 0,33 dan 0,16 gram. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment