Pembukaan Kuliah Industri 2019 STIKOM Bali di Aula STMIK STIKOM Bali, Rabu (27/03/2019). Foto: BNN/dok.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Terobosan positif dilakukan pihak STIKOM Bali. Untuk membuka wawasan mahasiswa dan mahasiswinya dengan dunia luar, diselenggarakan Kuliah Industri. Kuliah berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan 18 pembicara dari bidangnya masing-masing. “Ini kegiatan rutin STIKOM Bali. Ini merupakan kali ke empat kuliah industri dengan tujuan melatih mahasiswa untuk membuka wawasannya dengan dunia luar. Supaya mereka tidak hanya berkutat dengan teori dan lab saja, tetapi juga melihat dan merasakan langsung karena biasa ada perbedaan antara teori dengan praktek atau yang ada di lapangan,” ungkap Ketua STIKOM Bali, Dadang Hermawan saat pembukaan Kuliah Industri STIKOM Bali Aula STMIK STIKOM Bali Denpasar, Rabu (27/3) kemarin.

Menariknya dari kuliah industri ini, para mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan para pembicara yang ahli pada bidangnya. Tidak hanya pembicara, mahasiswa juga akan bertransaksi langsung dengan penjual dan pembeli, sehingga dapat memahami adanya perbedaan antara dunia teori dengan praktek. “Supaya perbedaan itu tidak terlalu jauh, kita adakan kuliah industri atau seminar ini dan pameran. Karena dalam kegiatan ini akan mempertemukan antara mahasiswa dengan industriawan, bisnisman, kreator, inovator dan para pembicara itu sendiri. Harapannya, mahasiwa dapat bekal langsung bagaimana kenyataan di dunia praktek. Sehingga mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, I Nyoman Rudy Hendrawan menjelaskan, 18 pembicara yang dihadirkan itu mulai dari bidang permusikan, perfilman, teknologi informasi sampai finansial teknologi. Para pembicara dari bidang-bidang tersebut dihadirkan supaya para mahasiswa dapat kreatif dan inovatif. “Itu yang harus dimiliki oleh generasi milenial di era refolusi industri ini. Supaya mahasiswa ikut terlibat, bukan sebagai konsumen atau bahkan jadi penonton. Mereka harus terlibat langsung,” ujarnya. (*)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment