Tiga terdakwa pencuri mobil. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Tiga komplotan pencurian mobil, Selasa (22/1) divonis 10 bulan penjara. Mereka adalah, Dodik Darmawan alias Dodik (terdakwa I), Samsul Fendik alias Fendik (terdakwa II), dan Rudi Antonius alias Cak Mad.

Ketiganya divonis 10 bulan penjara karena oleh majelis hakim PN Denpasar pimpinan I Gusti Ngurah Partha Bhargawa dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP.

Yaitu mengambil barang sesuatau atau seluruhnya atau sebagain kepunyaan orang lain dengan maksud untuk dimiliki yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu.

“Menghukum ketiga terdakwa dengan pidana penjara masing-masing 10 bulan,” tegas Hakim Patha Bhragawa dalam amar putusnya.

Atas vonis yang lebih ringan 2 bulan dari tuntutan jaksa, ketiga terdakwa langsung menyatakan menerima. Sedangkan JPU Putu Gede Juliarsana yang sebelumnya menuntut ketiga terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun menyatakan pikir-pikir.

Diberitakan sebelumnya, ketiga terdakwa tanggal 25 Agustus 2018 pukul 23.50 Wita di sebuah bengkel ban, di Banjar Semate, Abiansemal, Badung berencana mencuri sebuah mobil.

Sebelum melancarkan aksinya, para terdakwa dengan menggunakan mobil sewaan pergi ke Banjar Semate, Abiansel dan mengincar sebuah mobil yang diparkir dinpinggi jalan.

Terdakwa III turun dari mobil. dan membuka pintu mobil Mitsubishi Colt L-300 milik saksi korba, I Nyoman Somanarsa.

Setelah berhasil membuka paksa pintu mobil, terdakwa III masuk ke dalam dan merusak kunci rumah kunci mobil dengan menggunakan kunci T.

Setelah kunci kontak dalam posisi ON, terdakwa I turun dari mobil dan mendorong mobil menjauh dari tempat parkir semula agar tidak diketahui oleh pemiliknya.

“Sementara terdakwa II tetap berada dalam mobil yang ditumpangi sebelumnya untuk mengawasi keadaan,” ungkap jaksa Kejari Badung ini.

Setelah mesin mobil yang dicurinya itu hidup, langsung dikumudikan oleh terdakwa III, sementara terdakwa I duduk disebelahnya dan terdakwa II dengan mobil sewaanya mengikuti dari belakang.

Rencananya para terdakwa membawa mobil curian ke jawa. Namun belum jauh meninggalkan TKP, para terdakwa sudah diteriaki maling oleh seseorang.

Mendengar teriakan itu, para terdakwa pun panik, dan lari meninggalkan mobil curian itu di pinggir jalan di wilayah Pengadangan, Mengwi, Badung.

Dari informasi yang didapat, ternyata ketiga terdakwa juga melakukan tindak pidana dalam kasus yang sama dengan korban yang beberda. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment