Thitichut Hange yang ketangkap bawah membawa sabu dan ganja daei Thailand. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Turis asal Thailand, Thitichut Hange (38) yang kedapatan membawa ganja dan sabu dari negaranya, Kamis (13/12/2018) dihadirkan di persidangan sebagai terdakwa.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eddy Artha Wijaya dalam dakwaan menyatakan pria kelahiran Chon Buri, Thailand ini, diduga memproduksi, mengimpor, mengeskpor atau menyalurkan narkotia,

Dalam dakwaanya, jaksa Kejati Bali itu menjerat terdakwa dengan dakwaan yang disusun secara alternatif. Yaitu Pasal 113 ayat (1), Pasal 111 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI. Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Atas jeratan pasal diatas, maka terdakwa yang memiliki usaha Restauran dan Bar itu terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Dihadapan majelis hakim pimpinan Esthar Oktavi, jaksa Eddy Artha memaparkan, terdakwa ditangkap petugas Bea dan Cukai pada tanggal 31 Agustus 2018 di Teminal kedatangan Bandara Ngurah Rai.

Penangkapan terdakwa berawal dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai atas gerak-gerik terdakwa dan saksi Kamolratanapiboon. Atas kecurigaan itu dilakukan pemeriksaan terhadap terdakwa dan barang bawaanya.

Saat dilakukan pemeriksana terhadap tas pinggang bawaan terdakwa, didalam nya pertugas menemukan 1 plastik klip yang berisikan ganja kering sebarat 2,43 gram.

Sedangkan didalam tas koper warna putih, petugas kembali menemukan narkotika jenis sabu sebarat 0,25 gram. Petugas kembali menemukan narkotika jenis sabu ditas warna abu abu.

Dalam tas ini, ditemukan narkotika jenis sabu sebarat 0,18 gram. Kepada petugas, terdakwa mengakui jika narkotika jenis ganja dan sabu yang ditemukan adalah benar miliknya. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment