Lanjutan Sidang Kasus Bon Jovi,Saksi Harianto Terancam Pidana Sumpah Palsu

Saksi Verbalisan, Adrianus Ola Ama dan saksi Harianto ketika bersaksi dalam sidang lanjutan perkara kepemilikan sabu-sabu oleh terdakwa Bon Jovi di PN Larantuka, Senin (26/11). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Larantuka yang mengadili sidang perkara kepemilikan sabu-sabu atas terdakwa Bon Jovi alias Siprianus BoloPlatin, Marcellino,G.S,SH, M.Hum,LL.M  langsung merekomendasikan untuk memproses saksi Harianto atas perubahan keterangannya yang keluar jauh dari BAP Penyidik Polres Flotim yang telah saksi  tandatangani itu.

Sebagaimana yang disaksikan Balinewsnetwork.com, Senin,26 Nopember 2018, lanjutan sidang dengan agenda pemeriksaan saksi verbalisan, Adrianus Ola Ama, saksi Harianto tetap membantah isi keterangannya yang termuat dalam BAP tentang permintaannya kepada terdakwa untuk membawanya ole-ole sabu-sabu ketika terdakwa itu pulang dari Nunukan nantinya. Harianto hingga dikonrontir pun tetap pada jawabannya sebagaimana yang diungkapkan dalam persidangan sebelumnya bahwa dirinya hanya mengutarakan permintaan kepada terdakwa untuk membawanya ole-ole,tanpa menyebut barang narkotika jenis sabu-sabu,sebagaimana yang tertuang dalam BAP tersebut.

Sementara itu saksi Verbalisan Adrianus Ola Ama,baik atas pertanyaan Hakim Marcellino,maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Alboim M.Blegur,sembari menjelaskan proses penyidikan atas saksi Harianto (teman dekat terdakwa) hingga tiba tahapan penandatangan BAP, secara tegas meriwayatkan,dirinya membacakan seluruh BAP itu untuk saksi Harianto yang dilanjutkan dengan menyerahkan BAP tersebut kepada saksi Harianto untuk membacanya sendiri. Ketika semuanya jelas, saksi pun menandatangi BAP itu.

Walaupun mengakui keseluruhan proses tersebut sebagaimana yang diutarakan saksi Verbalisan, namun saksi Harianto tetap membantah, kalau dirinya sama sekali tidak menyebutkan ole-ole barang narkotika jenis sabu-sabu tapi hanya ole-ole.

Atas perbedaan keterangan tersebut,Hakim Marcellino  pasca mendengar keterangan saksi verbalisan Titin, tetap menegaskan pertimbangannya untuk melakukan proses terhadap diri saksi Harianto yang mengaku perna bersama terdakwa mengkonsumsi sabu-sabu di kamar rumahnya, karena menyampaikan keterangannnya yang berubah dari BAP. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment